sign up SIGN UP search


trending

Berat Badan Qory Sandioriva Pernah 110 Kg Gara-gara Idap Autoimun

Yuni Ayu Amida Sabtu, 01 Aug 2020 09:09 WIB
Qory Sandioriva Berat Badan Qory Sandioriva Pernah 110 Kg Gara-gara Idap Autoimun/ Foto: Instagram
Jakarta -

Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva rupanya pernah mengidap penyakit autoimun, Bunda. Karena penyakit tersebut, berat badan Qory pernah mencapai 110 kilogram (kg).

Kondisi ini Qory ungkap lewat Instagram pribadinya. Mantan istri Ramon Y. Tungka ini mengunggah foto dirinya pada 2014, saat memiliki berat badan 110 kg.

"This is me on 2014.. 6 years ago.. Dengan berat badan 110 kg," tulis Qory, dikutip dari Instagram, Jumat (31/7/2020)


Qory menyebut, berat badannya melonjak drastis saat itu bukan hanya karena hamil, tapi juga dipicu oleh autoimun yang diidapnya.

"Setelah melahirkan dan komplikasi dengan penyakit autoimun, sehingga berat badan ku naik hingga lebih dari 50 kg," kata Qory.

Ia pun berjuang selama 6 tahun untuk mengembalikan kondisi tubuhnya, Bunda. Dan saat ini, Qory akui bahwa dirinya sudah merasa lebih sehat.

"Hehehe 6 tahun perjuangan ku untuk bisa mengembalikan kesehatan, kebugaran, tubuh yang langsing dan kulit yang sehat," ujarnya.

qory sandiorivaqory sandioriva/ Foto: instagram

Nah, bicara soal penyakit autoimun, dikatakan dokter keluarga dr.Novi Arifiani, MKK Dipl ABRAAM, penyakit autoimun memiliki gambaran klinis yang sama seperti alergi. Jenis penyakit autoimun juga sangat banyak. Dampak dari autoimun bergantung pada bagian tubuh mana yang terserang.

"Hingga saat ini, mungkin ada sekitar 150-an jenis penyakit autoimun yang dikenal, mulai ujung rambut hingga kaki. Setiap penyakit punya reaksi, pencetus, dan penanganan yang berbeda. Dosis obatnya untuk tiap pasien juga kadang beda," kata Novi.

Selain itu, mengutip Health Line, penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh kita secara keliru menyerang tubuh. Artinya, antibodi yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang sel-sel sehat.

Gejala awal dari penyakit autoimun di antaranya kelelahan, otot pegal, bengkak dan kemerahan, demam ringan, hingga kesulitan berkonsentrasi. Paseien juga bisa mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, rambut rontok, serta ruam kulit.

Simak juga intimate interview dengan Winda Idol dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi