sign up SIGN UP search


trending

Dituduh Lupakan Anak Sambung, Zaskia Adya Mecca Beri Jawaban Tak Terduga

Annisa Karnesyia Senin, 03 Aug 2020 18:46 WIB
a caption
Jakarta -

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo telah dikaruniai lima anak. Namun, Zaskia sebenarnya memiliki satu anak sambung, bernama Barmastya Bhumi Brawijaya.

Ya, Barmastya Bhumi Brawijaya adalah anak Hanung dari pernikahan pertamanya dengan Yanesthi Hardini. Bhumi memang jarang tersorot kamera, sehingga banyak netizen beranggapan Zaskia telah melupakannya.

Baru-baru ini, Zakia mengungkapkan berbagai pertanyaan netizen tentang hubungannya dengan Bhumi. Ia merasa gemas melihat berbagai komentar tersebut.


"Entah kenapa Netizen yang budiman ada aja yang suka komen:
- Kak ko itung anaknya kurang ?! Mas Bhumi jangan lupaa
- Kak bionya belum di gantii mom of 6 kok masih mom of 5 kan ada mas bhumi.. lupa keitung ya kaa?" tulis Zaskia, dikutip dari Instagram, Senin (3/8/2020).

Wanita 32 tahun itu menegaskan tidak pernah melupakan Bhumi. Terlebih keduanya sudah tinggal bersama dan mengenal hampir 11 tahun.

"Mana mungkin aku lupa punya anak sebesar ini?! Yang udah nyariis 11 tahun tinggal bareng, kamarnya depan kamarku, hampir tiap hari tatap muka, cerita2, bagi perjalanan hidup sama2 11 tahun trakhir,dst," ujar Zaskia.

"Kalo emang lagi ga di mention ya emang lagi pas ga bareng aja, kalo ga difoto bareng lagi emang ga foto aja, lagi liburan ga ikut ya krn ga bisa aja...," sambungnya.

Menurut Zaskia, tidak semua kehidupan pribadinya harus dibagikan ke publik. Mengenai tulisan 'mom 5 anak' di kolom Instagram miliknya, kakak Haykal Kamil ini punya alasan khusus, Bunda.

Unggahan Zaskia Adya MeccaUnggahan Zaskia Adya Mecca/ Foto: Instagram

Zaskia menghargai ibu kandung Bhumi yang sudah seperti kakak untuknya. Ia merasa sungkan bila terlihat seperti mengambil posisi ibu kandung untuk Bhumi.

"Mau tau kenapa ku nulis di bio mom of 5?! Karna aku menghargai ibunya mas bhumi yang aku sayang udah seperti kakakku sendiri, yang kehadirannya untuk bhumi pun full dan selalu ada.. kadang ada rasa sungkan juga aku kaya mengambil posisi beliau.. Jadi ini cara ku menganggap keberadaan ibunya bhumi juga.. secara biologis ku punya 5 anak, tapi secara cinta dan kehadiran ku punya 6 anak Inti..," tulisnya.

Dalam unggahannya ini, Zaskia membagikan foto kebersamaan keluarganya. Hanung menggendong si bungsu Bhaj Kama Bramantyo. Sementara Zaskia duduk di sebelah Bhumi.

Menjadi ibu sambung memang tidak mudah, Bunda. Apa yang dilakukan Zaskia pada anak sambungnya bisa menjadi contoh baik dalam menjaga tali silaturahmi dan hubungan keluarga.

Menurut penulis The Dance of Anger, Harriet Lerner, Ph.D, paling penting untuk menjaga keharmonisan keluarga adalah tidak memaksa untuk dekat. Anak remaja cenderung bingung dengan tuntutan atau berurusan dengan anggota keluarga yang baru dan menghadapi perpisahan orang tuanya.

"Lupakan rencana atau niat untuk dekat begitu saja. Ini membutuhkan waktu," kata Lerner, dilansir Psychology Today.

"Jika Anda memasuki keluarga yang memiliki anak remaja, coba kurangi ekspektasi untuk langsung dekat," sambungnya.

Kita memang berharap ibu dan anak sambung bisa memperlakukan satu sama lain dengan sopan dan hormat. Namun, ini sebenarnya adalah tanggung jawab orang tua kandung untuk mewujudkannya.

Simak juga tips mengajarkan makna berkurban dari dua Bunda, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi