sign up SIGN UP search


trending

Petugas Kebersihan Wanita Ketiban Rezeki Rp1,7 M, Foya-foya & Berakhir Dipenjara

Annisa Karnesyia Rabu, 17 Feb 2021 22:00 WIB
Woman holding in hands wallet with euro money. City girl is taking out money from wallet caption
Jakarta -

Petugas kebersihan di Inggris, Comfort Konadu, tak menyangka nasibnya akan berakhir di balik jeruji besi karena uang kaget yang diterimanya. Konadu harus mendekam di penjara karena ketahuan menggunakan uang salah transfer ke rekeningnya.

Dilansir Daily Mail, seorang staf toko badan amal secara tak sengaja mentransfer uang senilai 90.000 Poundsterling atau setara Rp1,7 miliar ke rekening Konadu. Wanita 52 tahun itu lalu menghabiskan 31.000 Poundsterling atau sekira Rp593 juta dari uang tersebut.

Begitu Konadu menyadari ada yang salah, dia cepat-cepat mentransfer 5.7000 Poundsterling atau sekitar Rp1 miliar ke rekening lain milik teman dan keluarganya. Ia juga mengembalikan uang sebesar 9 Poundsterling atau Rp171 ribu ke toko badan amal.


Staf toko yakin bahwa uang yang salah transfer itu bukan Rp171 ribu, melainkan Rp1,7 miliar. Kejadian salah transfer ini pun langsung ditangani pihak perusahaan.

Pejabat di Royal Mencap Society dengan cepat menemukan kesalahan. Namun, mereka tak berhasil mendapatkan kembali semua uang yang hilang.

Dua staf di badan amal tersebut akhirnya dipecat karena melakukan kesalahan yang fatal. Sementara itu, Konadu yang mendadak kaya harus mendapat tuntutan hukum karena tidak mengembalikan semua uang yang salah transfer.

Di Pengadilan Kota Manchester, ibu enam anak itu mengaku telah melakukan pencurian. Ia pun dijatuhi hukuman 15 bulan penjara dan diskors selama dua tahun. Kasusnya tengah diproses dan dia diharapkan untuk mengembalikan 31.000 Poundsterling atau Rp593 juta.

Peristiwa salah transfer ini terjadi setelah Konadu datang ke toko badan amal itu pada 11 Oktober 2019. Ia ke sana untuk mendapatkan pengembalian uang dari barang yang dibelinya.

"Uang tersebut seharusnya tidak ada di rekeningnya. Ia sepertinya kebingungan dan mentransfer uang ke rekening teman dan keluarganya," kata jaksa penuntut, Kate Gaskell.

Konadu mengatakan bahwa dia memang tengah menunggu uang transfer dari sumber lain sebesar 12.000 Poundsterling atau sekitar Rp230 juta. Ia beranggapan bahwa uang yang masuk ke rekeningnya adalah sah bukan salah transfer.

Ia berdalih sudah mencoba melaporkan masalah ini ke bank. Namun, hasil penyelidikan mengungkap bahwa Konadu tidak pernah memberi tahu bank atau badan amal tentang transaksi tersebut.

Jaksa pembela, Max Saffman, mengatakan bahwa Konadu mungkin tergiur dengan jumlah uang di rekeningnya. Padahal, wanita asal Ghana ini dikenal selalu hidup sederhana.

"Dia menjalani gaya hidup yang sangat sederhana dan sosok pekerja keras. Uang itu lebih dari yang diimpikannya dan dia tergiur," ujar Saffman.

Simak juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Nia RamadhaniFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari
(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi