sign up SIGN UP search


trending

Nasib Tragis Bintang Shaolin Soccer, Stephen Chow & Vicki Zhao Terlilit Utang

Annisa Karnesyia Jumat, 16 Oct 2020 08:14 WIB
Vicki Zhao caption
Jakarta -

Film China Shaolin Soccer begitu populer di awal tahun 2000-an. Kedua bintang film ini, Stephen Chow dan Vicki Zhao, juga ikut meraih kesuksesan.

Hampir 20 tahun sejak film itu rilis, nasib dua bintang film ini justru terpuruk karena terlilit utang. Stephen Chow terancam bangkrut setelah mengalami krisis keuangan.

Dilansir Today Online, pria 56 tahun itu berutang hingga sekira 270 juta dollar Hong Kong atau setara Rp513 miliar. Pada tahun 2010, Chow digugat investor sekaligus mantan pacarnya, Yu Man Fung.


Hubungannya dengan Man Fung berakhir setelah 13 tahun bersama. Man Fung lalu menggugat Chow sebesar 80 juta dollar Hong Kong atau setara Rp152 miliar.

Jumlah uang ini diklaim sebagai komisi dari hasil penjualan rumah mewah di The Peak, Hong Kong. Kasus sengketa ini akhirnya dibawa ke jalur hukum dan akan disidangkan bulan November mendatang.

Pada tahun 2016, Chow kembali terlilit utang setelah bisnis investasinya gagal. Menurut sumber, sejumlah investor menanamkan modal pada Chow sebesar 1,3 miliar dollar Hong Kong atau Rp2,5 triliun.

Chow lalu menjanjikan keuntungan hingga 1 miliar dollar Hong Kong atau Rp1,9 miliar setelah empat tahun. Bisnis Chow selama tiga tahun berjalan mulus dan mendapatkan keuntungan triliunan rupiah.

Memasuki tahun keempat, Chow hanya untung 160 juta dolar Hong Kong atau setara Rp304 miliar karena pandemi Corona atau COVID-19. Chow tidak mampu memenuhi target dan dituntut untuk mengembalikan uang saham para investor.

Nasib tragis Chow ini juga dirasakan lawan mainnya di film Shaolin Soccer, Vicki Zhao. Wanita 44 tahun itu mengalami masalah keuangan karena investasi gagal. Keadaan diperparah saat suami Zhao, Huang You Long, ikut terlilit utang sebesar Rp700 miliar.

Dikutip dari The Independent, kasus investasi gagal itu membuat Zhao kemungkinan harus membayar kompensasi sebesar 84 juta yuan atau setara Rp183 miliar. Vicki tak sendiri, suaminya juga ikut terlibat dalam kasus ini.

Menurut portal berita Sina.com, pada tahun 2016, Zhao dan Huang You Long, mencoba membeli 50 persen saham perusahaan Zhejiang Wanjia, melalui perusahaan yang mereka kendalikan di Tibet Longwei. Proses jual beli ini ternyata mengganggu pasar saham.

Pada November 2018, China Securities Regulatory Commission mengeluarkan aturan yang melarang Zhao dan suaminya ikut beraktivitas dalam pasar saham selama lima tahun. Tahun 2019, keduanya juga digugat pemegang saham karena memberikan pernyataan palsu.

Akhir tahun 2019, giliran suami Zhao yang digugat 370 juta Hong Kong atau sekitar Rp700 miliar. Wanita bernama Michelle Chua melaporkan suami Zhao karena terlibat dalam kasus utang piutang dengan warga Singapura bernama Chow Hai Yen. Pengadilan menjadikan suami Vicki Zhao terdakwa karena kasus ini.

Simak juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi