sign up SIGN UP search


trending

Berduka, Pangeran Mateen Ungkap Penyebab Pangeran Brunei Meninggal Muda

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Kamis, 29 Oct 2020 10:46 WIB
Pangeran Abdul Azim dan Pangeran Abdul Mateen caption
Jakarta -

Kerajaan Brunei Darussalam tengah berduka. Salah satu anak Sultan Hassan Bolkiah, Pangeran Abdul Azim meninggal dunia pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Sang adik, Pangeran Abdul Mateen sangat terpukul karena kepergian Pangeran Azim. Ia merasa kehilangan sosok sang kakak yang selama ini mewarnai harinya.

"Tidak pernah ada hari yang membosankan ketika abang Azim ada. Dia suka mengerjai kami, bercanda, dan tidak pernah menganggap hidup terlalu serius," tulis Pangeran Mateen di Instagram pada Rabu (28/10/2020).


Pangeran Mateen mengungkap penyakit yang diidap kakaknya sebelum meninggal. Ternyata, Pangeran Abdul Azim mengidap penyakit autoimun, Bunda.

"Di awal tahun ini, kakak saya didiagnosis dengan vaskulitis sistemik yang parah, yang merupakan penyakit autoimun," ujarnya.

Mateen menambahkan, Pangeran Abdul Azim juga memiliki penyakit bipolar. Kondisi ini membuat Pangeran Abdul Azim semakin sulit melawan penyakitnya.

"Akhirnya, kakak saya meninggal karena gagal organ berulang kali yang disebabkan oleh infeksi terus menerus, karena penyakit autoimun, yang menyebabkan dia meninggal pada pagi 24 Oktober 2020," kata Pangeran Mateen.

Ia mengatakan, keluarganya memutuskan untuk memberi tahu penyakit yang diidap Pangeran Abdul Azim. Pangeran Mateen yakin, inilah yang diinginkan sang kakak.

"Sementara keluarga saya dan saya semua patah hati dan mencintainya tanpa batas, kami tahu bahwa Allah bahkan lebih mencintainya; sesungguhnya kita adalah milik Allah, dan sungguh kepada-Nya kita akan kembali," ujar Pangeran Mateen.

Apa itu penyakit vaskulitis yang dialami Pangeran Abdul Azim? Mengutip Mayoclinic, vaskulitis adalah peradangan pembuluh darah.

Peradangan ini menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah, termasuk penebalan, pelemahan, penyempitan, atau jaringan parut. Perubahan tersebut dapat membatasi aliran darah dan merusak organ.

Vaskulitis dapat menyerang siapa saja, meskipun ini lebih sering terjadi pada kelompok tertentu. Salah satu faktor risiko vaskulitis adalah penyakit autoimun, Bunda.

Simak juga video tentang penyebab reumatik di usia muda berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/jue)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!