sign up SIGN UP search


trending

Puluhan Anggota Arisan Online Diduga Ditipu Selebgram, Kerugian Capai Rp1,4 M

Siti Hafadzoh Kamis, 29 Oct 2020 23:00 WIB
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life. caption
Jakarta -

Investasi bodong akhir-akhir ini tengah menjadi topik hangat. Meskipun sudah banyak imbauan tentang investasi bodong, masih banyak orang yang tertipu lho, Bunda.

Bagaimana tidak? Investasi bodong memberi iming-iming keuntungan yang menggiurkan nih.

Salah satu korban penipuan investasi bodong dan arisan bersuara di media sosial. Ia mengungkap kasus ini lewat akun Twitter @keresahan69.


Pemilik akun mengaku, ia tertipu oleh seorang selebgram bernama brinysalt. Awalnya, akun dengan nama CRYPTO ini melihat promosi arisan yang diadakan brinysalt.

"Jadi aku awalnya liat-liat di instagram ada seorang selebgram ternama nge-promote arisan brynisalt, bahkan a team (komplotan Awkarin) pernah katanya ngepromot arisan ini, jadi keliatan banget terpercayanya," tulisnya.

Arisan dan investasi bodong ini memberi iming-iming investasi yang menarik. Ia akhirnya mencoba mengambil 1 slot seharga Rp1 juta.

Hasilnya, dalam tempo 30 hari, ia menerima keuntungan 30 persen. Orang ini pun tergiur untuk mengambil slot lebih besar lagi.

"Gua di sini masih percaya diri dengan naro invest 15 juta = 15 slot, lumayan bos 15 juta," kata akun @keresaan69.

Ia mengatakan bahwa percaya dengan brinysalt karena cukup terkenal. Followers Instagram-nya juga banyak, Bunda.

Pelaku sebelumnya mengatakan, dana investasi digunakan untuk usahanya, seperti konveksi dan kedai. Tapi, setelah penipuan terbongkar, selebgram ini diduga berurusan dengan wanita bernama Sasha.

"Tapi sebelumnya si bryni ini konyolnya, dia malah ngerekomendasikan member investnya untuk invest juga ke si sashaaa yang mana si sasha itu udah penipu legendaris, bahkan ada isu saat ini sasha sudah kabur enggak tahu ke mana setelah sebelumnya disamperin ke rumahnya," tulisnya.

Pada 27 Oktober 2020, brinysalt berjanji akan mengembalikan uang 30 anggota baru. Tapi, sampai thread tersebut dibuat di Twitter, tidak ada kabar dari pelaku. Diperkirakan total kerugian akibat investasi bodong ini mencapai Rp1,4 miliar.

"Dan tanggal 27 Oktober itu juga kita sudah buat kesepakatan buat mediasi di Polsek Jakarta Utara jam 2 siang, tapiiii si owner #arisanbybryni tidak muncul batang hidungnya sama sekali," kata orang tersebut.

Ia mengungkap kasus ini di media sosial agar tidak ada lagi orang yang menjadi korban penipuan arisan dan investasi bodong, Bunda. Si pemilik akun investasi bodong pun belum memberikan kepastian.

"Dari pihak si Agita (owner invest bodong) itu belum berikan kepastian dan pihak korban sedang memproses laporan ke kepolisian untuk lebih lanjut," tulis @keresahan69.

Lihat juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/jue)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!