sign up SIGN UP search


trending

Mengenal Kartini Muljadi, Wanita Usia 90 Tahun yang Masuk 50 Orang Terkaya RI

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Jumat, 11 Dec 2020 17:24 WIB
KPK memeriksa Ketua Yayasan Sumber Waras, Kartini Muljadi. Pemeriksaan ini untuk mengklarifikasi beberapa hal yang tercantum dalam audit BPK. caption
Jakarta -

Kartini Muljadi merupakan satu dari dua wanita yang masuk dalam deretan 50 orang terkaya di Republik Indonesia versi Forbes. Siapa sebenarnya wanita bernama Kartini Muljadi ini?

Wanita berusia 90 tahun ini beserta anak-anaknya adalah pemilik grup Tempo, termasuk Tempo Scan Pacific. Perusahaan tersebut memproduksi obat-obatan dan barang konsumsi nih, Bunda.

Dari bisnis-bisnisnya itu, Kartini Muljadi punya kekayaan yang berjumlah fantastis lho. Tahun 2020, kekayaan Kartini Muljadi mencapai US$620 juta atau setara Rp874 triliun.


Tidak hanya berbisnis, Kartini Muljadi juga bekerja sebagai pengacara dan pernah menjadi hakim lho. Ia punya firma hukum bernama Kartini Muljadi & Rekan.

Kartini Muljadi memang memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum. Ia lulus dari Fakultas Hukum Universitas UI pada 1958. Kala itu Kartini sudah punya dua anak lho.

Ibu yang satu ini memutuskan untuk berkarier di bidang kehakiman. Ia diangkat menjadi Hakim Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta, menangani perkara pidana, perdata, dan kepailitan.

Kartini Muljadi mengundurkan diri sebagai hakim di tahun 1973. Ia kemudian menjadi notaris papan atas yang menjadi rujukan perusahaan-perusahaan besar di tahun 1970-an sampai 1980-an.

Pada 1990, ia berhenti menjadi notaris dan mendirikan firma hukum Kartini Muljadi & Rekan. Kantor pengacara dan konsultan hukum milik Kartini Muljadi ini menjadi firma hukum yang terkenal lho, Bunda.

Dilansir detikcom, ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi di tahun 1998, Kartini aktif memberikan bantuan hukum untuk membangkitkan sektor perbankan yang terpuruk. Ia diangkat menjadi anggota tim untuk memberi nasihat hukum kepada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Lalu, bagaimana kelanjutan perjalanan Kartini Muljadi hingga masuk dalam deretan 50 orang terkaya di Indonesia?

Klik NEXT untuk melihat halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensos
Bisnis Kartini Muljadi hingga jadi orang terkaya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!