sign up SIGN UP search


trending

Kronologi Harun Yahya Divonis 1.075 Tahun Penjara Atas Kejahatan Seksual yang Mengerikan

Asri Ediyati Selasa, 12 Jan 2021 12:40 WIB
Harun Yahya alias Adnan Oktar caption
Jakarta -

Jika Bunda mengikuti berita mancanegara, sosok Adnan Oktar alias Harun Yahya sempat menjadi perbincangan internasional. Pemimpin sekte dari Turki itu kini divonis 1.075 tahun penjara. Tindak kriminal yang ia lakukan mayoritas adalah kejahatan seksual.

Pada Senin, 11 Januari, Pengadilan Turki memvonis Harun Yahya dengan 1.075 tahun penjara karena 10 kejahatan terpisah. Dalam uraian seorang sumber menyebutkan, "Pengadilan Hukuman Berat No: 30 di Istanbul mengadili 236 terdakwa, termasuk 78 orang yang ditahan, atas kejahatan terorganisir mereka di bawah pimpinan Oktar."

Dilansir AA Turkey, pengadilan memberi Harun Yahya total 1.075 tahun dan tiga bulan penjara atas tuduhan mendirikan dan memimpin organisasi kriminal, spionase politik atau militer, membantu Organisasi Teroris Fetullah (FETO) meskipun tidak menjadi anggotanya.


Untuk kejahatan seksual, Harun Yahya disebut telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, pelecehan seksual pada wanita, perampasan kemerdekaan, penyiksaan, gangguan hak atas pendidikan, pencatatan data pribadi, dan ancaman.

Harun Yahya pertama kali menjadi perhatian publik pada 1990-an ketika dia adalah pemimpin sekte yang terlibat dalam berbagai skandal seks. Kemudian, saluran televisi A9 online miliknya mulai mengudara pada tahun 2011, menuai kecaman dari para pemimpin agama Turki.

Saluran tersebut, yang sering didenda oleh pengawas media Turki RTUK, disita oleh negara dan ditutup setelah tindakan keras polisi terhadap kelompok Harun Yahya. Otoritas Turki juga menghancurkan vila Harun Yahya, yang juga dia gunakan untuk studio TVnya, di sisi Asia Istanbul dan menyita semua propertinya pada tahun 2018.

Kemudian baru-baru ini, pengadilan juga membacakan rincian kejahatan seks mengerikan yang pernah dilakukan Harun Yahya. Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga video peringatan tentang bahaya konten seksual yang ada di media sosial jika terpapar pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly GoeslawFoto: Mia Kurnia Sari



(aci/som)
Harun Yahya, pemimpin sekte seks yang punya 1.000 pacar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi