sign up SIGN UP search


trending

Mengenal Hipersomnia yang Dialami Echa si 'Putri Tidur' dari Banjarmasin

Annisa A Kamis, 08 Apr 2021 18:36 WIB
Gadis di Kalsel sudah tertidur selama sepekan. Gadis yang akrab disapa Echa ini sempat tertidur selama 13 hari pada 2017 lalu. (dok Istimewa) caption
Jakarta -

Echa, gadis 17 tahun dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan tengah menjadi perbincangan. Ia dijuluki sebagai 'Putri Tidur' karena sudah terlelap selama satu pekan. Sebelumnya ia pernah tidur 13 hari pada tahun 2017.

Saat ini Echa masih terlelap hingga sepekan. Orang tuanya, Mulyadi dan Lili mengaku sudah membawa Echa ke rumah sakit dan dirawat selama tiga hari. Namun Echa dibawa pulang ke rumah karena pemeriksaan dokter menunjukkan hasil normal.

Echa tertidur bukan tanpa alasan, Bunda. Gadis cantik itu mengidap sindrom langka yang disebut dengan Kleine-Levin. Sindrom itu merupakan salah satu jenis penyakit hipersomnia periodik yang bisa membuat pengidapnya tertidur sangat lama.

Bunda pernah merasa mengantuk yang sangat berlebihan di siang hari? Padahal di malam hari, Bunda sudah tidur dalam waktu lama. Kondisi ini bisa disebabkan oleh hipersomnia.

Banner 2 Wanita Korea Nikahi Pria Indonesia


Hipersomnia juga dapat disebut dengan excessive daytime sleepiness (EDS). Hipersomnia sangat berisiko dialami bagi orang-orang yang memiliki kondisi tertentu seperti gangguan ginjal, jantung, fungsi tiroid yang rendah dan kondisi lainnya.

Orang yang merokok dan minum alkohol juga berisiko mengalami hipersomnia, loh. Seperti apa sebenarnya hipersomnia? TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.


Bunda, saksikan juga tips tidur dan makan nyaman saat travelling di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/anm)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi