sign up SIGN UP search


trending

Penelitian di India Temukan Golongan Darah yang Lebih Kebal Covid-19

Annisa Afani Jumat, 30 Apr 2021 17:03 WIB
Woman in laboratory, examining new potions for the scientific research at university. Woman is wearing protective mask and protective gloves (Surgical gloves) while working with beakers, test tubes and other lab equipment. Series of images, taken with Nikon D800 and 50mm or 85 mm professional lens, developed from RAW. caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih belum usai, Bunda. Kini, perkembangan virus tersebut di India pun semakin ganas. Akibatnya, banyak pasien yang tak berhasil diselamatkan sebelum mendapatkan perawatan karena jumlah tempat tidur RS terbatas. Ditambah lagi, varian Corona B1617 dengan mutan ganda diyakini ahli memperburuk situasi.

Namun di tengah bencana ini, muncul riset dari lembaga penelitian India yang melakukan tes serologi atau serosurvey, Bunda. Mereka bekerja untuk menganalisis kerentanan pasien COVID-19 dari golongan darah. Hasilnya, orang dengan golongan darah AB disebut paling rentan terinfeksi COVID-19, disusul golongan darah B.

Para peneliti dari Council of Scientific Industrial Research (CSIR) mengungkap golongan darah O lebih 'kebal' COVID-19. Ini karena golongan darah O dikaitkan dengan tingkat kepositifan yang rendah dalam survey tersebut.


Peneliti ini dilakukan oleh 140 dokter di India dan melibatkan 10.427 relawan sukarela untuk menjadi subjek penelitian. Di sisi lain, para ahli menyarankan agar setiap orang melakukan pola makan yang baik, kaya akan serat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus Corona COVID-19.

Selain itu, apa lagi hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut?


TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

(AFN/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi