sign up SIGN UP search


trending

Bunda, Begini Kondisi Hajar Aswad Usai 1 Tahun Lebih Tak Disentuh Jemaah

Annisa A Selasa, 01 Jun 2021 15:10 WIB
Hajar Aswad caption
Jakarta -

Kegiatan umrah mulai kembali dijalankan di Tanah Suci usai ditutup selama satu tahun. Ritual ibadah di kota Makkah ini sempat tidak bisa dijalankan karena pandemi COVID-19.

Masjidil Haram yang biasanya sepi karena ditutup tampak hidup kembali setelah umrah dibuka. Masyarakat akhirnya dapat melihat batu Hajar Aswad yang sekian lama tak menyapa jemaah.

YouTuber Sahabat Salam belum lama ini mengunggah situasi terbaru Masjidil Haram lewat vlognya. Sahabat Salam merupakan warga Indonesia yang bekerja sebagai TKI.

Dilakukan di tengah pandemi, seluruh jemaah umrah diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang lebih ketat dibandingkan biasanya, Bunda. Mereka diharuskan memakai masker selama beribadah dan berada di area Masjidil Haram.

Para jemaah terpantau mengenakan masker ketika melakukan ibadah umrah. Area Ka'bah yang biasanya dipadati jamaah terlihat tidak begitu ramai, Bunda. Jemaah bahkan diperbolehkan untuk mengitari Ka'bah dari jalur yang lebih dekat.

"Biasanya jalur ini tidak diperbolehkan untuk pejalan kaki, harus yang kursi roda. Tapi sekarang kita dikasih jarak yang semakin dekat ke Kakbah. Semakin sedikit jemaah, batas jemaahnya semakin dipersempit pula dibawa ke dalam," kata Sahabat Salam, dikutip dari kanal YouTube Sahabat Salam.

Sahabat Salam mengatakan para jemaah biasanya berjumlah lebih sedikit pada siang hari. Saat mengitari Ka'bah, Sahabat salam kemudian memperlihatkan kondisi terbaru dari Hajar Aswad.

Batu yang dipercaya berasal dari surga itu masih berdiri dengan kukuh di Ka'bah. Hajar Aswad sudah hampir satu tahun tidak disentuh oleh tangan jemaah karena pandemi.

"Kelihatan lebih ngejreng warnanya ketika sudah hampir satu tahun tidak disentuh jemaah dikarenakan COVID-19, dia semakin mengilap masyaAllah," ujarnya.

Situasi tempat ibadah para jemaah melakukan sa'i juga terlihat berbeda, Bunda. Simak di halaman berikutnya.


Saksikan juga video tata laksana umrah yang aman saat pandemi:

[Gambas:Video Haibunda]

SITUASI UMRAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi