sign up SIGN UP search


trending

Sindrom Langka Treacher Collins, Bikin Keluarga Ini Miliki Wajah Berbeda

Annisa A Kamis, 03 Jun 2021 09:40 WIB
Sekeluarga pengidap Treacher Collins Syndrome viral di TikTok caption
Jakarta -

Belum lama ini beredar video viral di TikTok yang memperlihatkan keluarga dengan sindrom langka. Mereka disebut-sebutĀ mengidap Treacher Collins Syndrome, Bunda. Video tersebut sontak menjadi sorotan.

Akun TikTok @suryamanurun9 itu dimiliki oleh Syarif Ali Surya Manurung, seorang pria asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Ia tidak menyangka jika videonya mendadak viral.

Treacher Collins Syndrome merupakan kondisi langka di mana bayi terlahir dengan kelainan bentuk wajah. Hal itulah yang membuat anggota keluarga di video Syarif tampak berbeda dari umumnya.

Banner Ibunda Celine Hamil KembarBanner Ibunda Celine Hamil Kembar/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari


Beberapa bagian wajah seperti telinga, kelopak mata, tulang pipi, dan tulang rahang memiliki kelainan sehingga terlihat berbeda. Sindrom langka ini tak bisa disembuhkan, namun dapat dilakukan operasi.

Gen abnormal menjadi penyebab terjadinya Treacher Collins Syndrome, Bunda. TCS mempengaruhi sekitar satu dari setiap 50 ribu bayi yang lahir. Meski bersifat genetik, namun biasanya TCS tidak diwariskan.

Setidaknya ada sekitar 60 persen anak-anak tidak mendapatkan TCS dari orang tuanya. Sedangkan 40 persen lainnya mendapatkan sindrom langka tersebut dari orang tua. Kasus ini terjadi pada keluarga Syarif.

Bagaimana ciri-ciri pengidap Treacher Collins Syndrome? TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.


Saksikan juga video risiko diabetes pada bayi yang tidak mendapat asupan gizi di dalam kandungan:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi