sign up SIGN UP search


trending

Benarkah Minum Azithromycin Bisa Cegah hingga Sembuhkan COVID-19?

Annisa Karnesyia Rabu, 21 Jul 2021 17:02 WIB
Azithromycin text write on a book isolated on office desk. Healthcare/Medical concept Minum Azithromycin Saat Isoman, Apa Bisa Sembuhkan Pasien COVID-19?/ Foto: iStock
Jakarta -

Azithromycin menjadi salah satu obat yang paling banyak diburu pasien COVID-19. Obat ini diyakini ampuh mengatasi COVID-19, terutama pada pasien yang sedang isolasi mandiri (isoman), Bunda.

Belum lama ini, Pakar penyakit menular Amerika Serikat, dr Faheem Younus, buka suara soal efektivitas obat Azithromycin untuk COVID-19. Menurutnya, obat ini tidak bisa mencegah COVID-19 dan justru bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

"Azithromycin tidak mencegah atau menyembuhkan varian COVID apa pun. Namun, dapat menyebabkan aritmia jantung yang fatal. Jangan diambil untuk COVID. Ini memiliki lebih banyak risiko daripada manfaat," terangnya, dikutip dari akun Twitter resminya @FaheemYounus, Senin (19/7/21).


Tahukah Bunda, Azithromycin ternyata adalah antibiotik yang terdaftar sebagai obat keras lho. Penggunaan obat ini enggak boleh sembarangan tanpa resep dokter.

Selain itu, Azithromycin juga bukan obat wajib untuk pasien yang isoman. Lalu bagaimana cara kerja obat ini bila diminum oleh pasien COVID-19?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

(ank)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi