sign up SIGN UP search


parenting

Oseltamivir Ramai Diburu sebagai Obat COVID-19, Simak Manfaat & Efeknya

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 17 Jul 2021 14:46 WIB
ilustrasi obat covid caption
Jakarta -

Beberapa hari belakangan, Oseltamivir mulai langka setelah banyak diborong sebagai obat COVID-19. Viral di media sosial, pasien yang melakukan isolasi mandiri banyak yang mencoba meminum obat satu ini.

Ternyata, ini bukan obat baru yang khusus diformulasikan untuk menyembuh virus COVID-19, Bunda. Saat dulu wabah flu burung dan flu babi menyerang, obat ini sempat populer dengan merek dagang, Tamifu.

Sedangkan dikutip dari prtokol tatalaksana terbaru COVID-19, Oseltamivir adalah obat yang digunakan dalam pengobatan influenza datau flu tipe A dan B. Oseltamivir sendiri, pernah diberikan secara empiris di awal pandemi karena saat itu masih sulit membedakan gejala COVID-19 dengan flu biasa.


Lalu, apakah sebenarnya obat ini direkomendasikan untuk pasien COVID-19? Ternyata penggunaan obat ini harus atas advice atau resep dokter, Bunda. Artinya, tidak bisa digunakan sembarangan tanpa dosis yang tepat dari dokter.

Banner Nafkah Mutia AyuBanner Nafkah Mutia Ayu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Efek samping dari Oseltamivir disebut BPOM sebagai berikut:

Terapi influenza pada dewasa dan anak usia 1 tahun atau lebih yang memiliki gejala influenza tipika, bila virus influnza sedang bersirkulasi dalam lingkungan. Oseltamivir dapat juga digunakan untuk mencegah terjadinya influenza pada dewasa dan anak di atas 13 tahun.

Ya, Bunda, Oseltamivir rupanya diperbolehkan dikonsumsi anak-anak mulai usia satu tahun. Jangan sampai salah dosis pemakaiannya ya, karena bis amenimbulkan efek samping seperti berikut ini.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi