sign up SIGN UP search


trending

8 Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari Ponsel Bunda karena Curi Data

Tim HaiBunda Sabtu, 04 Sep 2021 13:27 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel caption
Jakarta -

Di era digital saat ini, Bunda sebaiknya lebih berhati-hati. Jika salah menginstal aplikasi, bisa-bisa data dalam ponsel Bunda dicuri. Duh, ngeri ya Bunda.

Nah, baru-baru ini Kepolisian Belgia menemukan ada delapan aplikasi Android yang dikabarkan disusupi virus malware Joker. Menyusul penemuan tersebut, pengguna ponsel diminta menghapus deretan aplikasi tersebut. Sebab jika tidak dihapus, data pengguna bisa dicuri oleh pelaku.

Lalu apa saja aplikasi tersebut? Berikut daftar delapan aplikasi yang diumumkan Kepolisian Belgia:


  • Element Scanner
  • Auxiliary Message
  • Go Messages
  • Fast Magic SMS
  • Free CamScanner
  • Super SMS
  • Super Message
  • Travel Wallpapers

Untuk Bunda ketahui, delapan aplikasi Android ini sebelumnya terdapat di Google Play Store. Namun, saat ini aplikasi tersebut telah dihapus dari toko aplikasi itu. Meski demikian bagi Bunda yang telah menginstal dan belum menghapus aplikasi-aplikasi tersebut bisa terancam bahaya.

Bahaya yang mengintai Bunda antara lain virus yang berasal dari keluarga malware Bread tersebut bisa mencuri uang korban dan mengotorisasi operasi ponsel tanpa persetujuan pengguna.

Kemudian Virus Joker bisa membuat ponsel terkait dengan layanan berbayar tanpa izin dari pengguna. Bahkan Bank tidak akan curiga dengan praktik ini yang menyajikan tagihan korban yang tidak normal.

"Anda akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan," ujar Kepolisian Belgia, Jumat (3/9/2021).

Virus Joker memang telah ditemukan pada 2017 lalu dan menyusup ke ribuan aplikasi di Play Store. Google diketahui berusaha memindai dan menghapus aplikasi-aplikasi jahat itu.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!