sign up SIGN UP search


trending

Cara Menghapus Memori Ponsel Android yang Selalu Gampang Penuh, Simak Bun!

Firli Minggu, 03 Oct 2021 15:10 WIB
Ilustrasi Android caption

Jakarta - Bunda sering merasa ponsel Android milk Bunda terkadang lemot? Salah satu pemicunya bisa jadi karena memori handphone (HP) Bunda selalu cepat penuh. Agar hal tersebut tidak terjadi, Bunda dapat membersihkan dan menghapus memori HP yang cepat abis karena terlalu banyak mengunduh aplikasi.

Bukan cuma itu, memori HP Android milik Bunda juga cepat penuh lantaran penyimpanan data yang menumpuk. Termasuk banyaknya foto-foto maupun video yang jarang dihapus dan tersimpan di memori ponsel Bunda.

Seperti diketahui, ponsel jenis Android biasanya mempunyai memori berkapasitas mulai dari 16GB hingga kini mencapai kapasitas 1TB. Namun, kapasitas 16GB sendiri saat ini sudah jarang digunakan dalam smartphone Android.


Salah satu hal penting dalam smartphone yakni ketersediaan memori internal. Jika memori internal ini menyimpan data terlalu banyak, hal ini dapat mengganggu kinerja ponsel Bunda yang terkadang membuat lemot atau mendadak nge-hang.

Oleh karena itu, Bunda perlu memperhatikan ketersediaan memori sebagai ruang penyimpanan agar ponsel Bunda dapat bekerja optimal. Dalam ponsel Android terdapat fitur manajemen file dan manajemen ruang penyimpanan.

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar

Bunda bisa memulai dengan menghapus data-data yang sudah tidak terpakai dan tersimpan lama secara manual. Bisa dapat menggunakan fitur manajemen file tersebut. Kemudian gunakan fitur manajemen ruang penyimpanan untuk mencari data-data yang ingin Bunda hapus. Apalagi jika file tersebut berukuran besar.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur manajemen ruang penyimpanan:
1. Buka bagian pengaturan atau Settings pada smartphone Bunda
2. Lalu pilih Battery and Device Care
3. Kemudian pilih Storage
4. Klik pada bagian Duplicate Files atau Large Files
5. Kemudian pilih File yang ingin Bunda hapus

Selanjutnya, Bunda juga perlu menghapus beberapa aplikasi Android yang sangat jarang digunakan. Biasanya memori ponsel penuh lantaran banyak unduhan aplikasi-aplikasi yang sedang menjadi tren. Namun terkadang aplikasi tersebut hanya digunakan sebentar saja.

Apabila banyak aplikasi yang menumpuk tentu ini akan membuat memori ponsel Android Bunda menjadi cepat penuh. Bunda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang sangat jarang atau bahkan tak pernah digunakan.

Lantas bagaimana langkah berikutnya untuk menghapus memori ponsel yang gampang penuh?

TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

(fir/fir)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!