sign up SIGN UP search


trending

Singapura Laporkan Kejadian Efek Samping Serius Vaksin Sinovac, Ini Detailnya Bun

Tim HaiBunda Sabtu, 18 Sep 2021 17:22 WIB
The covid-19 vaccine is injected into a young woman's hand. caption
Jakarta -

Ada kabar terbaru soal vaksinasi COVID-19 di Singapura, Bunda. Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) Singapura menerima sekitar 90 laporan dugaan efek samping yang muncul usai disuntik vaksin Sinovac-CoronaVac.

Nah, dari 90 laporan tersebut, lima di antaranya melaporkan 'efek samping serius'. Ada beberapa efek samping serius yang dilaporkan pasca menerima vaksin Sinovac.

Adapun efek samping serius itu terdiri dari reaksi alergi serius, vertigo, telinga berdenging, anafilaksis, hingga Bell's Palsy.


Untuk Bunda ketahui, Bell's Palsy merupakan kondisi kelumpuhan mendadak yang terjadi pada otot-otot wajah. Pada kebanyakan kasus, kondisi tersebut bersifat sementara dan bisa membaik secara signifikan dalam waktu berminggu-minggu.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab Bell's Palsy masih belum diketahui pasti. Namun, kondisi ini diyakini terjadi karena adanya pembengkakan dan peradangan saraf yang mengontrol otot-otot di salah satu sisi wajah. Tetapi, ini juga bisa terjadi karena infeksi virus.

Efek samping serius lainnya yang dilaporkan adalah anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang jarang terjadi dan berpotensi bisa mengancam jiwa. Kasus ini juga bisa terjadi usai divaksinasi.

HSA mengatakan suatu efek samping dikategorikan sebagai efek samping serius jika bisa menyebabkan seseorang dirawat inap. Selain itu, efek samping tersebut bisa menyebabkan kecacatan, hingga berisiko kematian.

"Secara keseluruhan, efek samping yang serius akibat vaksin Sinovac ini akan terus diamati usai divaksinasi," kata HSA.

Lalu bagaimana dengan vaksin Pfizer dan Moderna ya, Bunda?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!