sign up SIGN UP search


trending

Kisah Inspiratif Lena, Mahasiswi Papua yang Viral Dijuluki Barbie

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 10 Nov 2021 21:15 WIB
Herolena Beroperay mahasiswi asal Papua yang viral di media sosial. caption
Jakarta -

Media sosial kembali dihebohkan, Bunda. Belum lama ini, beredar viral di TikTok yang menampilkan seorang mahasiswi Papua berparas bak boneka Barbie.

Bagaimana tidak, mahasiswa tersebut terlihat memiliki rambutnya pirang dan memiliki mata yang indah. Dirinya terlihat benar-benar seperti boneka.

Video tersebut awalnya diunggah oleh akun TikTok @herolenaberoperay. Dalam konten tersebut, mahasiswa yang diketahui bernama Herolena Beroperay atau akrab disapa Lena itu tampak sedang mengikat rambut dan berada di kebun.


Penampilannya Lena tentunya langsung menjadi atensi publik. Bahkan, kini konten yang menampilkan sosok dirinya pun sudah ditonton lebih dari 1,6 juta kali, mendapat 160 ribu Likes dan 492 komentar.

Melalui kolom komentar, netizen beramai-ramai memuji parasnya. Tak sedikit di antaranya yang menduga bahwa Lena merupakan warga negara asing (WNA)

"Kayak campuran bule sama Papua," tebak akun @7Nov****.

"Bule bukan sih cakep?" tanya pengguna TikTok @de****.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

"Kirain bule mbaknya cantik manis," puji akun @Nur.ang*****.

"Salam kenal ade cantik dari Maluku(Dobo). Sukses selalu ya," ucap akun @Ocha****.

"Masyaallah cantik sekali ya Allah," takjub akun @Ecc****.

Selama ini, Lena ungkap bahwa dirinya sempat diragukan berasal dari Papua. Lena menegaskan bahwa dirinya merupakan penduduk asli Kabupaten Kepulauan Yapen, Serui, Papua.

"Keluarga saya berasal dari Serui, ayah saya berasal dari suku Poombawo dan ibu saya dari suku 3W. Kami sekarang tinggal di Provinsi Papua, kabupaten Kepulauan Yapen, di komplek Pertamina. Saya asli original Papua tidak ada blasteran karena kedua orangtua saya asli Papua," ungkap Lena, dikutip dari detikcom pada Rabu (10/11/2021).

Anak pertama dari tujuh bersaudara ini mengaku bahwa netizen tidak percaya jika ia merupakan penduduk asli Indonesia Timur. Hingga ia mengeluarkan bukti foto keluarga.

"Saya pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan. Ketika banyak orang tidak percaya bahwa saya asli Papua. Tapi saya tetap meyakinkan mereka dengan menunjukkan foto keluarga atau menunjukkan orangtua saya kepada mereka," paparnya geram.

Lena menuturkan jika dari ibu kandung dan nenek buyutnya memiliki ciri- ciri fisik yang hampir sama dengannya. Akan tetapi di keluarga ayahnya, kakek buyut ayah Lena memiliki ciri-ciri fisik seperti orang Eropa.

"Dia tidak ketahui asal usulnya karena ditemukan dalam kondisi cacat fisik di salah satu kali di Sorong, Papua yang bernama Werimon. Kemudian dia diberi nama Werimon yang kemudian menjadi salah satu marga dari Kabupaten Serui, Papua. Ciri-ciri fisik dari kakek saya yaitu putih, rambut coklat merah, hidung mancung, dan mata abu abu," tutur Lena.

Albino adalah kondisi langka yang menyebabkan seseorang kekurangan atau tidak memiliki melanin dalam tubuhnya. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan tubuh untuk menentukan warna kulit, rambut, dan iris atau selaput pelangi mata.

Wanita yang berusia 21 tahun itu mengungkapkan jika ia adalah seorang albino. "Ya saya seorang albino karena beberapa tanda-tanda fisik orang albino ada pada saya," ucapnya.

Meski begitu, Lena ungkap bahwa kondisi tersebut tidak membuatnya minder. Ia malah semakin percaya diri dan mengasah segala potensi yang ada di dalam diri hingga membuat kedua orangtua bangga atas prestasinya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga cerita relawan dari Papua dan NTT dalam video berikut, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!