sign up SIGN UP search

trending

Siap-siap Bun! 9 Negara Ini Mulai Buka Pintu Masuk untuk WNI yang Ingin Berkunjung

Mutiara Putri Selasa, 23 Nov 2021 12:34 WIB
Air Vehicle, Airplane, Commercial Airplane, Luggage, People Ilustrasi Naik Pesawat/Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura
Jakarta -

Ada kabar baik nih, Bunda. Setelah hampir satu tahun lamanya menutup pintu masuknya, sejumlah negara mulai membuka kembali pintu untuk pendatang asing, termasuk warga negara Indonesia (WNI).

Beberapa negara telah melihat perkembangan vaksinasi dan penurunan tingkat penularan COVID-19 di Indonesia, Bunda. Karena itu, banyak negara yang mulai menerima wisatawan dari Indonesia.

Bunda penasaran dengan deretan negara yang telah membuka pintu masuk untuk Indonesia? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya, ya!


1. Singapura

Kalau dilihat-lihat, Singapura dan Indonesia memiliki jarak yang sangat dekat, Bunda. Namun, Singapura termasuk negara yang sangat disiplin dan peduli dengan masyarakatnya.

Terhitung mulai 29 November mendatang, Singapura berencana untuk mengizinkan WNI masuk ke wilayahnya, Bunda. Kementerian Kesehatan Singapura bahkan telah memperbarui status kesehatan Indonesia menjadi Kategori II sejak 12 November kemarin, lho.

Lewat peraturan perjalanan Vaccination Travel Lane (VTL), Bunda yang sudah divaksin lengkap bisa masuk ke Singapura tanpa karantina, lho. Bunda hanya perlu menunjukkan hasil PCR negatif dan melakukan tes kembali setibanya di sana.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

2. Malaysia

Malaysia disebut-sebut juga akan mengizinkan wisatawan asing berkunjung ke negaranya mulai 1 Januari 2022, Bunda. Salah satu rute yang mereka buka adalah antara Malaysia dan Indonesia. Pembukaan koridor perjalanan itu akan dimulai dari Kuala Lumpur-Jakarta, Kuala Lumpur-Bali.

3. Thailand

Pemerintah Thailand juga tengah memperkenalkan program Sandbox yang memungkinkan pengunjung yang sudah divaksin lengkap untuk masuk ke negara mereka tanpa karantina, Bunda. Bagi turis yang belum vaksin, mereka tetap harus menjalani masa karantina selama sepuluh hari di salah satu hotel di Bangkok.

4. Kamboja

Kamboja juga merupakan negara yang telah mengizinkan turis asing yang sudah divaksinasi penuh untuk masuk ke negara mereka tanpa karantina, Bunda. Peraturan ini mulai dilaksanakan sejak 15 November lalu, lho.

Sementara itu, untuk pengunjung juga harus memenuhi sejumlah syarat seperti memiliki kartu vaksin, hasil tes PCR negatif 72 jam sebelum keberangkatan, dan rapid tes usai tiba di sana. Kalau Bunda belum melakukan vaksinasi, Bunda harus melakukan tes PCR saat datang dan menjalani karantina selama dua pekan.

Kira-kira negara mana lagi yang sudah membuka pintu masuk untuk WNI ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

[Gambas:Video Haibunda]



(mua)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!