sign up SIGN UP search


trending

Mulai 12 Januari, Vaksin Booster COVID-19 Berbayar Dimulai, Ini Daftar Harganya Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 13:15 WIB
Vaksin Booster caption
Jakarta -

Kasus COVID-19 masih ditemukan di Indonesia, Bunda. Meski begitu, jumlah pasien positif sudah mulai menurun jika dibandingkan dengan awal tahun lalu.

Pemerintah memang mengupayakan berbagai cara untuk menekan kasus COVID-19 di Indonesia. Salah satunya dengan menyelenggarakan vaksinasi COVID-19.

Pemerintah memiliki sasaran vaksin COVID-19 sekitar 208 juta penduduk, Bunda. Sementara itu, dilihat dari vaksin.kemenkes.go.id, total masyarakat yang sudah mendapatkan dosis lengkap menurut data per tanggal 4 Januari 2022, adalah sekitar 114 juta. Sedangkan pasien yang baru mendapatkan satu dosis adalah sekitar 166 juta.


"Sebanyak 80 per 100 penduduk sasaran vaksinasi sudah dapat 1 dosis," demikian keterangan di laman tersebut.

Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

Selain vaksin dosis satu dan dua, beberapa kelompok masyarakat juga sudah mendapatkan dosis ketiga atau booster. Mereka umumnya adalah masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri, namun vaksin pertama dan kedua mereka adalah Sinovac.

Nah, mulai 12 Januari 2022, masyarakat sudah bisa mendapatkan akses vaksin booster ini, Bunda. Vaksin ini akan disuntikkan kepada mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan 230 juta dosis vaksin untuk program vaksin booster.

"Nah yang menarik adalah CDC (Center for Disease Control) dan FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi Moderna itu dosisnya setengah karena ada isu kerasnya Moderna atau efek KIPI (efek samping)," ujar Budi Gunadi.

Vaksin dosis ketiga ini sifatnya tidak akan sama seperti vaksin sebelumnya yang didapatkan secara gratis. Bagi kelompok masyarakat tertentu, vaksin booster ini akan dikenakan sejumlah biaya.

Ketentuan vaksin COVID-19 berbayar ini sebenarnya sudah ada dalam aturan untuk Gotong Royong atau vaksinasi Mandiri. Aturan ini ada dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong.

Lantas berapa harga yang perlu dibayarkan untuk mendapatkan booster ini ya, Bunda? Lalu bagaimana efektivitas vaksin booster ini?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga efek samping pasca vaksin pada Bunda menyusui dan cara mengatasinya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!