sign up SIGN UP search


trending

Cerita Marshanda Dimasukkan ke RSJ di Amerika, Diperlakukan Bak Orang Tak Waras

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 11:30 WIB
Marshanda Cerita Marshanda Dijebloskan ke RSJ di Amerika, Diperlakukan Bak Orang Tidak Waras / Foto: Instagram @marshanda99
Jakarta -

Marshanda sempat menggegerkan publik ketika dinyatakan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat, pada akhir Juni lalu. Baru-baru ini, ia menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

Mantan istri Ben Kasyafani itu mengungkapkan tujuan pergi ke LA adalah untuk melakukan healing. Selain mencoba untuk mengatasi bipolar, ia juga melakukan healing demi menyembuhkan penyakit tumor payudara yang tengah ia hadapi.

Marshanda bercerita, ia memiliki sahabat bernama Sheila Salsabila yang menetap di LA bersama suaminya. Marshanda kemudian mengatakan ada kesalahpahaman yang terjadi antara mereka. Hal itu terjadi ketika Marshanda sedang bermain di pantai. HaiBunda telah mengontak Marshanda dan diizinkan untuk menulis kisahnya.


"Penginapan gue di daerah pantai Venice Beach, gue tinggalin HP di penginapan. Gue ingin me time, gue ingin main ombak seperti anak kecil. Di situ Sheila telepon gue, dia panic attack karena gue enggak bisa dihubungi. Dia lalu melaporkan gua hilang," ungkap Marshanda, dikutip dari kanal YouTube MARSHED.

Marshanda yang asyik bermain di pantai akhirnya memutuskan kembali ke penginapan. Namun, tiba-tiba ia dihampiri oleh mobil ambulans. Petugas medis menjemput Marshanda karena ia dilaporkan hilang oleh Sheila.

Marshanda pun bingung karena ia merasa baik-baik saja, Bunda. Bahkan, petugas medis menilai Marshanda berada dalam keadaan sehat pada saat itu. Namun, fakta bahwa ia mengidap bipolar tak bisa disembunyikan karena tercatat dalam rekam medis Marshanda.

Ia pun terpaksa dibawa oleh polisi sesuai dengan prosedur yang berlaku. Marshanda dimasukkan ke rumah sakit jiwa (RSJ), Bunda. Ia mendekam di RSJ sejak 17 Juni hingga 11 Juli.

Marshanda menjuluki pusat rehabilitasi mental itu sebagai kamp konsentrasi. Sebab, ia merasakan banyak hal tidak manusiawi di sana. Tak hanya itu, pihak keluarga juga tidak diizinkan mengunjungi Marshanda.

"Orang di penjara diperlakukan lebih baik dari orang di rumah sakit jiwa. Karena orang di penjara masih dianggap waras," ucapnya.

Di RSJ, Marshanda pada mulanya mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan karena ia sempat menolak bersikap kooperatif. Salah satu alasannya adalah ia tidak ingin mengonsumsi obat yang diberikan pihak RSJ, karena bukan merupakan obat yang biasa ia konsumsi sesuai dengan arahan psikiater.

"Gue di sana sempat teriak menolak untuk minum obat ini, lalu tangan gue dikebelakangin. Gue dijatuhkan ke kasur karena gue dianggap sudah over reactive. Sampai gue disuntik karena sudah dianggap agresif," beber Marshanda.

"Itu benar-benar gila. Padahal di buku yang mereka cetak, mereka bilang kalau kita punya hak untuk menolak," imbuhnya.

Marshanda akhirnya mencari cara agar dapat keluar dari RSJ. Lanjutkan membaca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang Marshanda yang berjuang sembuhkan tumor payudara:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MARSHANDA KELUAR DARI RSJ
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!