sign up SIGN UP search

trending

12 Tahun Tulus Rawat Ibu Eny yang Depresi di Rumah Mewah Tanpa Listrik & Air, Tiko Banjir Doa dan Pujian

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 08 Jan 2023 16:00 WIB
Sosok Ayah Tiko caption
Jakarta -

Tiko, pria berusia 23 tahun, belum lama ini viral setelah merawat sang ibunda, Eny, yang mengalami depresi setelah perceraiannya 12 tahun yang lalu. Tiko diketahui merawat sang Bunda di rumah mewahnya yang terbengkalai.

Pria kelahiran 1999 ini merawat ibunya yang depresi dan dinyatakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) akut sejak bercerai dengan suaminya 12 tahun yang lalu dan menempati rumah mewah terbengkalai tanpa air dan listrik.

Bahkan, Tiko juga perlu putus sekolah sejak SMP dan bekerja sebagai security di kompleknya, Bunda. Dirinya pun perlu menampung air hujan untuk masak dan mandi ibunya.


Tiko merawat ibunya di rumah mewah terbengkalai

Sejak kelas 6 SD, Tiko perlu mengalami pengalaman pahit ditinggal sang ayah setelah bercerai dengan ibunya belasan tahun yang lalu. Sejak saat itu, Tiko dan ibunya sama sekali tidak mendapat kabar apa pun dari sang ayah.

Tiko mengaku saat itu kondisi ibunya juga masih baik-baik saja. Namun, antara tahun 2015 dan 2016, kondisi sang Bunda mulai berangsur parah.

“Kondisi mama sih waktu itu masih baik-baik aja, ya, belum kayak sekarang-sekarang gini. Jadi, kondisinya berangsur parah itu ya mulai dari tahun 2015 atau 2016 kalau enggak salah,” ujar Tiko, dikutip dari laman TRANS TV Official.

Lantaran sang Bunda sudah tidak lagi bekerja, Tiko perlu berhenti sekolah saat SMP dan bekerja membantu ibunya untuk mencari nafkah.

“Karena aku putus sekolah, waktu itu mama kan udah enggak kerja. Jadi, kegiatanku waktu itu cuma bantuin mama dagang, dulu mama masih mau usaha gorengan, (jual) tahu keliling komplek, ngiter gitu untuk ngejualin,” ujar Tiko.

Selain itu, Tiko dan ibunya juga perlu tinggal di rumah mewah tanpa menggunakan air dan listrik karena tidak mampu membayar tunggakannya.

“Enggak sampe setahun diputus karena ada tunggakan biaya juga. Aku membiasakan diri, mama juga kan enggak bisa masang listrik dan air lagi. Jadi, ya sudah jalanin aja sampai sekarang ini,” ungkapnya.

Demi mendapatkan air, Tiko perlu mengambil air ke beberapa bengkel yang ada di dekat rumahnya. Tidak hanya itu, terkadang dirinya pun menampung air hujan untuk kebutuhan mandi dan masak.

Soal listrik, Tiko dan ibunya memilih menggunakan lilin selama bertahun-tahun, Bunda. Namun, saat itu sempat ada tetangga juga yang membagikan listrik rumahnya untuk rumah Tiko.

“Aku sama mama itu penerangan menggunakan lilin. Selama bertahun-tahun, memang waktu itu sempat ada yang memberikan listrik tetangga rumah. Hanya listrik cuma sekadar satu stop kontak aja dari sebelah rumah itu narik kabel, cuma ya enggak lama. Kata mama enggak usah daripada ngerepotin gitu,” kata Tiko.

Sementara itu, Tiko mengaku sama sekali tidak berencana untuk menjual rumah mewahnya tersebut, Bunda. Simak selengkapnya di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video kisah pilu wanita Batak yang menikah dengan bule tajir lalu bercerai yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

TIKO TIDAK INGIN MENJUAL RUMAH MEWAHNYA YANG TERBENGKALAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!