sign up SIGN UP search

trending

7 Fakta Tiko & Ibunda Bertahan Hidup di Rumah Mewah Tanpa Listrik dan Air

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 07 Jan 2023 12:20 WIB
Tiko, putra Ibu Eny. caption
Jakarta -

Belum lama ini netizen dibuat tercengang sekaligus terenyuh oleh kisah seorang pemuda bernama Tiko yang rela merawat sang Bunda di rumah mewah tanpa aliran listrik dan air.

Diketahui, sang Bunda, Eny, mengalami gangguan kejiwaan selama 11 tahun. Hal ini bermula ketika sang suami pergi dari rumah di awal tahun 2000-an.

Sejak kepergian sang suami, Eny mulai mengurung dirinya di rumah. Semakin hari, kondisinya semakin memburuk hingga tak pernah lagi berinteraksi dengan orang lain.


Saat melihat orang lain, Eny akan mengamuk dan memberontak, Bunda. Karena itu, Tiko tak bisa membawa siapapun masuk ke dalam rumahnya, walau hanya tetangga sekitar.

Fakta Tiko dan Eny

Ada beberapa fakta yang perlu Bunda ketahui tentang Tiko dan Eny yang bertahan hidup di rumah mewah tanpa listrik dan air. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretannya:

1. Pernah menjadi orang kaya

Lurah Jatinegara, Slamet Sihabudin, menyebut Eny dan Tiko kerap menolak bantuan yang diberikan oleh tetangga sekitar maupun pemerintah, Bunda. Bukan tanpa alasan, Keduanya merasa masih mampu mencukupi kehidupan sehari-harinya.

Slamet menduga, Eny merasa gengsi menerima bantuan tersebut karena sebelumnya merupakan orang yang berada. Ia pun memilih untuk hidup tanpa listrik dan air.

"Iya begitu (menolak bantuan dan hidup tanpa listrik) karena kan dia itu kan awalnya orang berada. Jadi enggak mau dibantu," kata Slamet, dikutip CNN.

2. Tiko putus sekolah dan jadi satpam

Noves selaku ketua RT mengatakan kondisi perekonomian yang memburuk membuat Tiko terpaksa menjual perabotan yang tersisa di rumahnya. Tiko juga terpaksa harus putus sekolah sejak kelas 1 SMP.

Mulanya, Tiko sempat meminta bantuan kepada warga sekitar untuk bekerja menjadi operator warung internet (warnet). Seiring berjalannya waktu, Tiko pun ditawarkan menjadi petugas keamanan atau satpam.

"Seiring berjalannya waktu, ketika saya jadi pengurus RT, saya tawarkan (Tiko) jadi (petugas) keamanan. Kasihan, daripada keliling, maka kami jadikan keamanan. Sampai saat ini," kata Noves.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat fakta lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan lagi video tips membersihkan rumah untuk cegah nyamuk berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTA TIKO DAN ENY YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!