aktivitas

Lakukan Ini Dulu Yuk Sebelum Posting Foto Anak Lain di Medsos

Radian Nyi Sukmasari 13 Agu 2017
Ilustrasi upload foto/ Foto: Getty Images Ilustrasi upload foto/ Foto: Getty Images
Jakarta - Mengunggah atau memposting foto anak sendiri di media sosial (medsos) udah biasa ya, Bun. Tapi, ada nih satu hal yang perlu diperhatikan kalau kita mau posting foto anak lain, misalnya teman si kecil, anak kerabat, atau anak teman kita ke medsos.

Kata pakar parenting, Martine Oglethorpe, saat kita mau memposting foto anak lain di medsos, penting banget untuk minta izin sama orang tua mereka. Ini dilakukan untuk menghormati hak prerogatif orang tua mereka. Apalagi, masing-masing orang tua kan punya pertimbangan masing-masing waktu memposting foto anak mereka ya, Bun.

"Ada orang tua yang memang nggak mau memajang foto anak-anak mereka di medsos. Maka dari itu, meminta izin pada orang tua si anak sebelum kita memposting foto anak di medsos penting sekali," kata Oglethorpe, dikutip dari Essential Kids.

Oglethorpe bilang, beberapa orang tua bisa enggan memposting foto anak-anaknya di medsos karena takut foto itu disalahgunakan. Meskipun, ada juga orang tua yang nggak masalah kalau foto anak mereka diposting. Nah, ini bisa terlihat dari gimana si orang tua. Kalau di medsos teman kita, kelihatan mereka suka memposting foto anak-anaknya, bisa aja teman kita tipe yang nggak terlalu ambil pusing kalau foto anaknya diposting di medsos tanpa kita izin lebih dulu.

Tapi, Oglethorpe mengingatkan nggak semua orang tua setuju sama prinsip itu. Jadi, nggak masalah kalau kita juga tetap meminta izin ke teman sebelum memposting foto anak mereka di medsos, walaupun mereka sering posting foto anak-anaknya di medsos. Nggak cuma ke teman, hal ini juga berlaku kalau kita mau memposting foto anak dari kerabat lho.

Baca juga: Tips Ibunda Selebgram Kirana Soal Posting Foto Anak di Medsos

"Kalau sekali Anda sudah dapat izin memposting foto si anak di medsos, keesokan harinya Anda tak perlu minta izin setiap waktu. Kecuali, foto yang diposting agak berbeda dari kebanyakan foto yang sudah diposting sebelumnya," kata Oglethorpe.

Jangan salah, Bun. Saat mau posting foto anak atau temannya, kita juga perlu lho minta izin ke anak yang bersangkutan. Kata psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, hal ini penting dilakukan sebagai upaya kita menghargai dan menghormati anak. Karena, anak-anak juga butuh dihargai.

"Misalnya posenya lagi nggak oke, terus kita posting tanpa seizin anak. Padahal, bisa aja anak merasa malu apalagi di medsos kan apa yang kita posting akan kesimpan dalam waktu lama. Makanya, minta izin sama anak sebelum posting foto mereka juga penting lho," kata Ratih, dikutip dari detikHealth.

Baca juga: Saat Bunda Lihat Foto Hamil dan Pasca Melahirkan di Medsos, Apa yang Dirasa? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi