aktivitas

Perlu Dicoba Bun, Cara Agar Anak 1 Tahun Mau Gosok Gigi

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 20 Okt 2017 - 13.00 WIB
Gigi anak/ Foto: thinkstock Gigi anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Punya anak usia batita (di bawah tiga tahun), misalnya satu tahun bisa jadi masa penuh perjuangan buat para bunda, nih. Salah satunya untuk urusan menggosok gigi anak. Tiba waktunya gosok gigi, si kecil kabur-kaburan, menutup rapat mulutnya, nangis, bahkan berontak. Dhh, Nak, tolong dong kerja samanya dong.

Ini juga yang dialami bunda satu anak bernama Okta. Dia bercerita sempat kewalahan, Bun, menggosok gigi putrinya yang berusia 1,5 tahun. Kata Okta, waktu menggosok gigi bisa jadi saat 'perang' buat dia dan si anak. Ya, karena penuh 'drama' banget.

"Saya sampai kewalahan, belum lagi kalau anaknya nangis kejer kayak diapain aja. Pokoknya drama banget deh. Kadang saya paksa aja, nangis-nangis deh dia. Tapi daripada giginya nggak digosok kan lebih bahaya lagi," kata Okta.

Bunda mengalami hal serupa kayak bunda Okta? Tenang, Bun. Kata drg Henny Octaviana Danan SpKGA dari Medikids Clinic by MHDC, anak batita terutama usia 1 tahunan memang berontaknya bisa amat luar biasa ketika gosok gigi. Nah, kuncinya kata dr Henny adalah kaki dan tangan si kecil mesti dipegang.

Baca juga: Anak Rajin Gosok Gigi, Tapi Kok Giginya Gampang Berlubang?

"Apakah bikin anak trauma karena agak kita paksa? Nggak kok. Kita punya prinsip, bunda sama ayah juga gosok gigi tiap hari kan nggak sakit. Nah, bunda sama ayah juga mesti pede, meyakinkan anak kalau gosok gigi nggak sakit dan ini buat kebaikan anak juga," tambah drg Henny.

drg Henny pesan, kita mesti mantap, Bun, memegangi tangan dan kaki anak. Nggak kasar, tapi gentle. Jangan lupa, saat memegang anak, kita ajak ngomong mereka ya. Terus, kalau anak nangis jangan sampai goyah alias stop menyikat giginya. Karena, anak bisa berpikir kalau dia menangis, bunda atau ayah jadi cepat-cepat menyikati giginya dan alhasil, nanti anak menjadikan nangis sebagai senjata supaya aktivitas gosok gigi bisa lebih cepat.

"Kalau ini dilakukan terus, anak mau nangis atau berontak tapi kita tetap menyikati giginya, kita ajak ngomong dan nyanyi, kita kasih tahu kalau perlu sikat gigi biar giginya sehat, biasanya dalam waktu dua minggu anak udah terbiasa kok," kata drg Henny.

"Jangan lupa, kita menggosok gigi anak dari arah belakang ya. Sehingga, anak nggak terlalu bisa banyak bergerak dan kalau gerak pun giginya nggak terantuk. Pakai sikat giginya yang berbulu lembut dan bisa menjangkau gigi sampai belakang ya," tambah drg Henny.

Baca juga: Cara Mengecek Anak Sudah Gosok Gigi dengan Bersih atau Belum (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi