kesehatan

Jangan Lupa Bersihkan Mulut Bayi Meski Belum Punya Gigi Ya, Bun

Radian Nyi Sukmasari 19 Okt 2017
Ilustrasi bayi/ Foto: dok.HaiBunda Ilustrasi bayi/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Bayi belum tumbuh gigi dan masih menyusu. Adakah Bunda yang berpikir kalau 'Ah mulutnya nggak perlu dibersihkan, deh. Kan belum ada giginya dan anak cuma nyusu aja, kok.'? Hmm, tahu nggak, Bun, pemikiran kayak gitu keliru, lho.

Ya, soalnya drg Henny Octaviana Danan SpKGA dari Medikids Clinic by MHDC bilang membersihkan gigi atau lebih tepatnya menjaga kebersihan mulut anak, nggak harus nunggu gigi tumbuh. Saat bayi lahir, mulutnya kan sudah dipakai. Alhasil, mulutnya sudah perlu dibersihkan.

Memang, pertama pastinya nggak pakai sikat gigi karena bayi kan belum punya gigi. Jadi, untuk mulut bayi cara membersihkannya kita basahi kain kasa atau handuk pakai air hangat terus diusapkan ke seluruh gusi, pipi bagian dalam, lidah, dan langit-langit mulut.

"Nggak mungkin keluhan berlubang karena kan memang bayi belum punya gigi, he-he-he. Tapi, bisa ada risiko mulutnya berjamur. Kan di dalam mulut, terutama lidah bisa bertumpuk tuh sisa susunya. Kalau dilihat, nanti di lidah bisa kelihatan kayak ada bulu-bulu gitu. Kalau nggak dibersihkan, lama-lama jadi berjamur," kata drg Henny dalam Happy Talkshow 'Kesehatan Gigi Anak' di Festival Bunda Happy yang digelar HaiBunda bersama Vivo.

Baca juga: Mengalami Juga Nggak, Bun, Anak Demam Saat Tumbuh Gigi?
https://www.haibunda.com/kesehatan/d-3564769/mengalami-juga-nggak-bun-anak-demam-saat-tumbuh-gigi

Untuk frekuensinya, berapa kali sehari, Dok? "Ya, untuk bayi sehari sekali okelah," ujarnya. Nah, ketika bayi mulai punya gigi satu atau dua, masih boleh kok Bunda membersihkan gigi dan mulutnya pakai kassa. Atau, mau pakai sikat gigi yang bulunya halus dan terbuat dari karet lalu bisa dipasang di jari Bunda juga boleh.

Baiknya, lakukan seperti kita menggosok gigi, Bun, pagi dan malam. Apalagi, kalau anak sudah tumbuh gigi pasti mereka sudah dapat Makanan Pendamping ASI (MPASI) kan? Alhasil, akan lebih banyak jenis makanan yang diasup.

Kalau kebetulan anak minum susu pakai dot, ketika sudah tidur jangan lupa lepas dotnya ya. Karena ketika anak tidur, kata drg Henny refleks menelan sudah nggak ada lagi. Mau nggak mau, susu pun keluar, memenuhi mulut kemudian 'merendam' gigi hingga terbentuklah asam dan ada risiko gigi anak grepes atau bolong.

"Bagus banget kalau habis nyusu gigi anak bisa kita bersihkan pakai kassa. Terus nanti malam bangun, dia mau nyusu lagi ya nggak apa-apa," ujar drg Henny.

Baca juga: Anak Rajin Gosok Gigi, Tapi Kok Giginya Gampang Berlubang?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi