aktivitas

4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'

Asri Ediyati 19 Apr 2018
4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak Jaman Now/ Foto: Thinkstock 4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat bicara tentang pendidikan, yang paling berperan dalam pendidikan anak adalah orang tua, guru, dan lingkungan sekitarnya. Nah, untuk zaman sekarang, apa yang perlu dilakukan orang tua untuk membekali anaknya? Apalagi mengingat zaman semakin maju dan dunia seakan menjadi lahan kompetisi.

Menurut pemerhati pendidikan usia dini, Dr Capri Anjaya SPd MHum, ada empat kemampuan belajar yang perlu dimiliki anak di abad 21 atau 'jaman now'. Sebagai orang tua, wajib nih kita membekali mereka dengan keterampilan ini.

1. Keterampilan Komunikasi

Menurut Capri, kemampuan komunikasi meliputi verbal, non verbal dan menulis. Anak-anak bisa belajar dengan orang tua, guru dan orang di sekitarnya atau yang mereka temui. Bisa dengan mengobrol, surat-menyurat, email, media sosial, jurnal, video.

"Di Indonesia sendiri sudah memfokuskan untuk pendidikan karakter anak yang termasuk cara berkomunikasi atau bertutur yang benar dengan orang lain," kata Capri di acara SGM Eksplor Media & Blogger Gathering 'Dukung Potensi Prestasi Generasi Maju Indonesia, di The Foundry, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018).

4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'/4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'/ Foto: Thinkstock


2. Kreativitas

Nah, keterampilan yang satu ini penting banget, Bun. Kenapa penting? Menurut Capri, zaman sekarang dan yang akan datang pertanyaan masuk kerja bukan lagi 'kemarin skripsi tentang apa?', melainkan 'karya kamu apa?'.

"Untuk itu biarkan anak mengeksplor inspirasinya sendiri, misalnya lewat apa yang dia lihat, kemudian bisa juga lewat buku cerita, video, film. Dulu, waktu generasi kita (orang tua) masih kecil pasti kalau menggambar gunung itu ada gunung dan sawah kan? Padahal kalau orang tua dan guru membiarkan anak berkreasi sendiri, kreativitas itu akan datang dengan sendirinya," tutur Capri.


3. Keterampilan Kolaborasi

Jika mengarah ke aspek sosial, keterampilan ini juga penting banget, Bun. Dengan keterampilan kolaborasi, anak mudah diajak kerja sama dengan orang lain kelak. Tanpa harus merasa takut keluar dari zona nyaman.

"Jika dibekali dengan keterampilan kolaborasi, kelak anak bisa mendengarkan pendapat orang lain, dihormati orang lain dan bisa menentukan rencana-rencana ke depan," kata Capri.

4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'/4 Keterampilan Belajar yang Perlu Dimiliki Anak 'Jaman Now'/ Foto: Thinkstock


4. Berpikir Kritis

Ngomong soal berpikir kritis, rasanya anak-anak zaman sekarang sudah kritis-kritis semua ya? Misalnya ada yang salah sedikit dengan sesuatu, anak akan nanya A-Z beserta alasannya. Nah, kenapa kita perlu membekali anak supaya berpikir kritis? Supaya bisa berpikir secara jernih bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah.

Capri bilang jika anak dilatih menjadi kritis, mereka akan bisa membedakan yang mana fakta dan yang mana opini atau pendapat. Mereka juga bisa membedakan, apa hal yang penting dilakukan dan mana yang tidak penting dan cenderung merugikan jika dilakukan. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi