aktivitas

Umur Berapa Anak Sudah Mulai Bisa Belajar Puasa?

Radian Nyi Sukmasari 27 Mei 2018
Umur Berapa Anak Sudah Mulai Bisa Belajar Puasa?/ Foto: Thinkstock Umur Berapa Anak Sudah Mulai Bisa Belajar Puasa?/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Si kecil mengungkapkan keinginannya belajar puasa. Hmm, tapi masih ragu nih, dilihat dari umurnya anak udah bisa diajari puasa belum ya?

Bicara di umur berapa anak udah bisa diajari berpuasa, kata psikolog anak, remaja, dan keluarga dari Tiga Generasi, Samanta Ananta, setiap anak punya kapasitas kemampuan fisiknya masing-masing. Jadi, nggak bisa kita memukul rata di umur berapa anak bisa belajar puasa karena ada anak di usia tertentu udah bisa mulai belajar puasa.

"Hal yang perlu dilakukan pertama kali oleh orang tua adalah mengenalkan budaya dan tradisi yang ingin ditanamkan di rumah seperti apa. Ada orang tua yang sejak lahir anaknya sudah diajak untuk sahur bersama meskipun dalam kondisi tidur," kata Samanta waktu ngobrol sama HaiBunda.



Tapi, seperti yang kita tahu ada juga kan, Bun, orang tua yang mulai mengajarkan anak puasa sejak usia 5 tahun, 7 tahun, atau 9 tahun. Kata Samanta, itu sah-sah aja. Selama anak terlihat sehat dan kuat fisiknya, serta aktivitas puasa tidak mengganggu aktivitas lainnya dan tidak memengaruhi kondisi kesehatan anak tersebut maka nggak masalah.

Samanta mengingatkan mengajarkan puasa anak juga ada tahapannya, seperti mengajak sahur bersama, lalu tahun berikutnya sudah diberikan target puasanya dari sahur hingga jam 10, lalu lanjut hingga jam 12, jam 15, dan seterusnya sampai anak bisa puasa sehari penuh.

Sedangkan menurut psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, sejak usia pra sekolah atau sekitar 5 tahun anak sudah bisa kok belajar berpuasa. Pastinya ini dilakukan secara bertahap dan sifatnya pengenalan dulu ya, Bun.

"Untuk waktu puasanya berapa lama juga boleh dicoba berapa jam dulu. Nggak langsung setengah hari karena sifatnya kan pengenalan ya," kata Ratih yang praktik di RaQQi Human Development and Learning Centre.


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi