aktivitas

Asyik! Pasien Anak di RS Ini Naik Mobil-mobilan ke Ruang Operasi

Radian Nyi Sukmasari 13 Jun 2018
Ilustrasi anak sakit/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak sakit/ Foto: Thinkstock
Oklahoma - Umumnya pasien akan dibawa ke ruang operasi memakai kasur rawat inap RS atau kursi roda. Tapi khusus pasien anak-anak ini, mereka boleh mengendarai mobil remote control yang bisa mereka tumpangi, Bun. Wah, asyik banget ya.

Inilah yang terjadi di Integris Baptist Medical Center. Pasien anak-anak boleh menyetir mobil-mobilan sebagai moda trasnportasi mereka dari ruang rawat ke ruang operasi. Pastinya, anak-anak masih memakai baju RS mereka. Ide ini bermula dari salah satu staf di NICU yang bilang kalau ada fasilitas di RS lain yang bisa membuat pengalaman menuju ruang operasi lebih baik buat anak-anak.

"Ini berdampak positif untuk anak-anak. Mereka siuman dari operasi dengan lebih happy. Kemudian, saat berpisah dengan orang tuanya ketika menuju ruang operasi, mobil-mobilan ini juga membuat segalanya jadi lebih mudah," kata perwakilan RS kepada Babble.

Asyik! Pasien Anak di RS Ini Naik Mobil-mobilan ke Ruang OperasiFoto: Integris via Babble


Ya, soalnya selama ini nggak jarang orang tua juga merasa cemas dan was-was ketika anaknya pergi ke ruang operasi dengan perasaan takut bahkan menangis. Tapi, ketika anak happy menyetir mobil-mobilan yang sebenarnya dikontrol juga oleh staf RS, orang tua merasa lebih baik dan lega.



"Orang tua juga memiliki pengalaman yang lebih baik dengan melihat senyum anak mereka saat akan ke ruang operasi. Ya, walaupun mobil-mobilan ini hanya satu dari bagian penting bagaimana anak bisa menjalani proses operasi dengan senang hati," kata Child Life Specialist Ashley Ochs.

Karena, staf yang menangani pasien anak di Integris Baptist Medical Centre juga diberi pelatihan bagaimana caranya menenangkan anak yang hendak menjalani operasi. Pastinya, ini dilakukan dengan berbagai pendekatan dan alat bantu ya, Bun.

Asyik! Pasien Anak di RS Ini Naik Mobil-mobilan ke Ruang OperasiFoto: Integris via Babble


Ketika anak hendak menjalani sebuah tindakan medis, pasti orang tua merasa nggak tega ya. Tapi, menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas, kunci supaya anak nggak gugup adalah orang tuanya sendiri. Jadi, kita jangan gugup, Bun, sehingga anak tahu kalau apa yang dia jalani bukan sesuatu yang menyeramkan kok.

"Kalau memang tindakan medis itu sudah terencana, beberapa hari sebelumnya kita bisa ceritakan ke anak apa sih yang akan dia jalani dan kenapa dia mesti melakukan itu. Sesuaikan penjelasan dengan umur. Kita bisa menjelaskan lewat cerita, video edukasi atau pengalaman kita sendiri yang pernah melakukan itu sehingga anak lebih berani," tutur Anas.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi