aktivitas

8 Manfaat Belajar Seni untuk Anak

Niken Widya Yunita Sabtu, 08 Sep 2018 - 16.02 WIB
8 Manfaat Belajar Seni untuk Anak/ Foto: Niko W 8 Manfaat Belajar Seni untuk Anak/ Foto: Niko W
Jakarta - Anak-anak belajar seni? Kenapa nggak, Bun. Apalagi bagi anak-anak ada berbagai manfaat yang bisa mereka dapatkan melalui belajar seni.

Psikolog anak Jovita Ferliana M.Psi mengatakan pendidikan seni bisa memfasilitasi kreativitas dan kemampuan problem solving pada anak. Bahkan di era milenial, bukan nggak mungkin seni berperan penting untuk urusan kesempatan bekerja.

"Kita nggak menyangka pekerjaan seperti seni kreativitaslah yang dibutuhkan di eera milenial saat ini," ujar Jovita dalam diskusi 'The Crucial Role of Art in Your Children Development' di tengah pembukaan Sampoerna Academy di BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (8/9/2018).

Kata Jovita, ada 8 manfaat yang bisa didapat anak ketika mereka mempelajari seni yaitu:

1. Kreativitas

Jovita bilang dengan kreativitas anak-anak bisa menumpahkan segala ide yang dia punya. Bahkan ide seperti apa yang hendak anak buat hari ini. Dengan begitu, kreativitas anak pun terasah.

2. Belajar Bekerja sama

Seni terkait erat dengan ekspresi. Ketika kita terbiasa mengekspresikan diri, maka orang lain akan lebih mudah melihat kemampuan kita. Nah, saling melengkapi dengan orang lain bisa jadi salah satu modal utama untuk mengasah kemampuan berintegrasi dan bekerja sama.

3. Kepercayaan Diri

Mempelajari seni bisa melatih anak mengekspresikan diri. Ketika anak terbiasa melakukan itu kepercayaan diri mereka pun akan tumbuh. Sehingga, anak berani keluar dari zona nyaman agar bisa menghadapi masalah.

4. Menyelesaikan Masalah

"Dengan belajar seni, anak dilatih untuk bisa menyelesaikan masalahnya," ujar Jovita.

8 Manfaat Belajar Seni untuk Anak8 Manfaat Belajar Seni untuk Anak /Foto: Niko W


5. Berlatih Tekun

Seperti bidang ilmu lain, mempelajari seni pun butuh ketekunan. Terlebih ketika hasil yang ada tak sesuai ekspektasi. Di sinilah anak belajar untuk nggak menyerah dan tetap tekun.



6. Fokus

Belajar seni bisa membuat anak mempelajari segala hal baru sehingga dia tidak merasa bosan dengan keseharian yang monoton. Apalagi saat belajar seni anak juga perlu melakukan detail dengan baik sehingga kemampuannya untuk fokus pun terasah.

7. Menerima Feedback Positif

Saat sebuah hasil karya diberi feedback atau masukan, anak akan belajar menerima. Kemudian, dia bisa belajar dari kesalahan yang sebelumnya, Bun.

8. Bertanggung Jawab

Dengan belajar art atau seni anak akan melakukan sesuatu dengan detail. Nah, secara nggak langsung ini melatih anak untuk bertanggungjawab karena segala halnya harus detail.

(nwy/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi