aktivitas

Kisah Heroik Bocah 4 Tahun Selamatkan Keluarganya dari Kebakaran

Amelia Sewaka Selasa, 11 Sep 2018 - 17.14 WIB
Kisah Heroik Bocah 4 Tahun Selamatkan Keluarganya dari Kebakaran/Foto: Istimewa Kisah Heroik Bocah 4 Tahun Selamatkan Keluarganya dari Kebakaran/Foto: Istimewa
Florida, AS - Siapa bilang anak-anak nggak bisa jadi pahlawan? Buktinya bocah 4 tahun ini. Dia menjadi pahlawan karena berhasil menyelamatkan keluarganya dari kebakaran.

Bocah bernama Mesha Farland disebut sebagai pahlawan karena sudah menyelamatkan keluarganya saat rumah mereka dilalap api. Amri Payne, ibu Mesha baru-baru ini mengatakan putrinya adalah orang pertama yang melihat kobaran api dan langsung memberi tahu sang ibu. Kata Amri kebakaran itu bersumber dari gulungan kasur di kamar anaknya. Akibat kebakaran ini hampir nggak ada barang yang bisa diselamatkan. Namun karena iniasiatif Mesha, Amri dan anggota keluarga lainnya bisa selamat dari kebakaran yang mengerikan tersebut.
Kisah Heroik Bocah 4 Tahun Selamatkan Keluarganya dari KebakaranFoto: Istimewa



"Ketika saya bermain dengan adik laki-laki saya, saya melihat ke belakang dan melihat api. Ada banyak asap di mana-mana," tutur Mesha kepada Channel 4 News.

Meski terkejut dengan apa yang dikatakan Mesha, Amri sigap menggendong adik laki-laki Mesha dan mengajak kedua anaknya keluar rumah. Melihat rumahnya hampir habis dilalap api, Amri bersyukur Mesha sadar akan kebakaran tersebut.

"Mesha adalah satu dari satu juta anak yang berani bertindak cepat seperti ini. Ia selalu berani dan ingin tahu, banyak mengajukan pertanyaan, jujur dan berpendirian. Ia juga suka membantu. Kini Mesha tak hanya gadis cilik yang cerdas, tapi juga pahlawan bagi kami," tutur Amri kepada Babble.

Saat tahu dirinya dijuluki pahlawan, dengan jujur dan bangga Mesha berkata, 'Bagus, saya suka menjadi pahlawan'. Amri yang juga punya putra berusia 7 tahun dan putra tiri berusia 11 tahun mengatakan meski penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, ia bersyukur seluruh anggota keluarganya selamat. Dengan bantuan Palang Merah, keluarga tersebut berusaha bangkit kembali.

Bagaimanapun tindakan Mesha sangat menginspirasi. Si kecil Mesha menunjukkan pada kita bahwa pahlawan datang dari berbagai bentuk dan ukuran. Nah terkadang, bahaya yang mengancam si kecil bisa berasal dari hal sederhana dan sangat dekat dengan anak, bahkan rumah sekalipun tak menjamin anak lolos dari bahaya termasuk kebakaran.
Kisah Heroik Bocah 4 Tahun Selamatkan Keluarganya dari KebakaranFoto: Istimewa
Nah, The U.S. Fire Administration (USFA) meninjau dan mengumpulkan beberapa cara untuk menjaga anak-anak agar tetap aman dari api. Pelajari materi ini dan bahas lebih lanjut keselamatan anak dari insiden kebakaran dengan orang tua, guru, pengasuh dan lainnya.

1. Rencana Pencegahan dan Keamanan

- Ajari anak melarikan diri atau apa yang harus dilakukan ketika kebakaran terjadi.
- Bicarakan siapa yang akan bantu anak untuk keluar dari kebakaran dengan selamat.
- Usahakan punya dua jalan keluar dari setiap ruangan di rumah.
- Beri tahu anak harus ke mana jika harus keluar dari rumah saat kebakaran terjadi, pilih tempat pertemuan dan ajarkan ke anak untuk tidak pernah kembali ke dalam gedung yang terbakar.

2. Jauhkan Anak dari Api dan Luka Bakar

- Jauhkan anak sejauh 3 kaki atau 0,9 meter dari apapun yang bisa terbakar atau panas seperti pemanas ruangan, kompor, dan lainnya.
- Jauhkan benda yang bisa mengeluarkan asap di tempat yang tak bisa dijangkau anak, jangan pernah tinggalkan pemantik rokok atau korek api dekat anak.
- Jangan pernah bermain api atau korek ketika kita bersama anak, karena anak suka mencoba apa yang kita lakukan.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi