aktivitas

6 Manfaat Playdate bagi Bunda, Seperti Dilakukan Andien

Amelia Sewaka Sabtu, 17 Nov 2018 - 15.33 WIB
6 Manfaat Playdate bagi Bunda Seperti Dilakukan Andien/Foto: Instagram 6 Manfaat Playdate bagi Bunda Seperti Dilakukan Andien/Foto: Instagram
Jakarta - Bagi seorang ibu, punya waktu bermain atau kegiatan apapun bareng anak pasti berharga banget. Apalagi kalau Bunda bekerja seperti Andien. Jikalau ada waktu, yang Andien lakukan adalah playdate bareng buah hatinya, Anaku Askara Biru alias Kawa.

"Kalau memang ada waktunya atau memungkinkan waktunya untuk playdate, kita tuh suka playdate sama anak-anak lain di kompleks rumah aku, Kawa dekat sama mereka. Walau Kawa yang paling kecil usianya," kata Andien di tengah acara peluncuran buku 'Main Bareng Bikin Seneng Melalui #BukuMamaBisa' di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Karena itu, Andien merasa ia harus lebih kreatif untuk membuat mainan saat mereka playdate. Sehingga mainan tersebut bisa aman dimainkan oleh Kawa dan teman-temannya yang beda usia.

"Kayak tadi, aku buat mainan playdate untuk anak usia 3 hingga 6 tahun. Itu kan range usia yang cukup jauh, sama seperti Kawa dan kakak-kakak kompleksnya. Kawa yang hampir 2 tahun sedangkan kakak-kakaknya usia sebelum masuk sekolah dasar," tutur penyanyi bersuara indah ini.
6 Manfaat Playdate Bagi Ibu Seperti yang Dilakukan AndienFoto: Instagram @andienaisyah



Andien menjelaskan, menggambar jadi kegiatan yang paling sering dimainkan oleh Kawa dan teman-temannya. Walaupun belum bisa menggambar, Bun, tapi serunya Kawa bisa ikut menikmati permainan bersama teman-temannya.

"Nggak apa walau beda orientasi antara Kawa dan teman-temannya. Kadang Kawa yang berantakin, kakak-kakaknya asyik berkreasi dengan cat atau pewarna makanan. Nah, nanti Kawa mulai ngeliatin sekaligus ikutin deh tuh," tambah Andien.

Ya, melakukan playdate adalah kesempatan luar biasa bagi anak untuk belajar keterampilan sosial dan mendapatkan teman baru. Tak hanya itu, playdate juga punya manfaat bagi Bunda lho.

Nah, berikut manfaat playdate bagi ibu menurut pakar parenting dan hubungan manusia, Dr Gail Gross seperti dilansir Thrive Global. Cek bersama ya Bunda.

1. Playdate membuat kita open minded.

Dengan banyaknya bertemu ibu atau perempuan lain saat playdate, kita bisa membicarakan banyak topik di luar soal anak dan rumah. Baik itu tentang politik, masalah keuangan, pekerjaan, atau novel dan film terlaris yang baru dirilis. Kita dapat memberikan otak 'olahraga' dengan terlibat dalam percakapan yang tidak melibatkan popok dan jadwal tidur anak.

2. Playdate ajang ibu-ibu saling berbagi
6 Manfaat Playdate Bagi Ibu Seperti yang Dilakukan AndienFoto: iStock
Seperti sebelumnya dikatakan bisa berbicara topik apapun, di playdate kita pun bisa banget saling sharing soal anak. Nggak melulu cari di Google atau secara online, jawaban yang kita dapatkan dari ibu-ibu lain saat playdate lebih nyata karena langsung dari teman-teman kita kan.

Misal, anak sulit makan sayur, anak suka rewel tengah malam dan sebagainya. Kemungkinannya adalah, ibu lain dalam kelompok playdate yang telah mengalami hal yang sama dengan kita dapat menawarkan beberapa saran dari pengalamannya.




3. Playdate kesempatan besar untuk berolahraga
6 Manfaat Playdate Bagi Ibu Seperti yang Dilakukan AndienFoto: Istock
Merencanakan playdate yang melibatkan stroller sambil berjalan kaki atau joging, melakukan pendakian yang ramah keluarga, dan kegiatan menyenangkan seperti roller skating atau mengendarai sepeda.

Bertemu ibu lain sambil berolahraga, dapat membantu Bunda merasa lebih baik dan lebih siap untuk menghadapi hari esok.

4. Mendapat dukungan
6 Manfaat Playdate Bagi Ibu Seperti yang Dilakukan AndienFoto: Thinkstock

Menjadi ibu bukan suatu hal yang mudah. Kadang, kita hanya butuh dukungan saat merasakan kesulitan. Nah, 'pemandu sorak' terbaik ya datangnya dari ibu-ibu lain.

Saat bertemu ibu-ibu lain apalagi dengan latar belakang atau pengalaman yang sama, akan membuat keadaan Bunda terasa lebih rileks dan merasa punya teman untuk saling support. Pada akhirnya, Bunda memahami bahwa menjadi ibu bukanlah soal benar atau salah.

5. Refreshing

Pernahkah Bunda melihat hari di mana tiba-tiba waktu terasa cepat, tahu-tahu sudah sore atau malam saja. Buat seorang ibu, apalagi yang baru punya bayi, keluar rumah bisa jadi suatu tantangan.

Dengan playdate, memberi kita alasan untuk berpakaian rapi, dan jalan-jalan ke luar rumah.

6. Menghilangkan stres

Selain kesempatan untuk berolahraga, bertemu ibu-ibu lainnya dan memberikan otak 'olahraga', playdate juga membantu menurunkan tingkat stres. Menjadi seorang ibu bisa melelahkan dan bikin stres, nah adanya bonding dengan ibu lain bisa meringankan tekanan itu dan saling mendukung.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi