aktivitas

Salma Jihane, Putri Kecil Rio Dewanto yang Gemar Baca Buku

Yuni Ayu Amida Jumat, 01 Mar 2019 - 16.59 WIB
Salma Jihane, Putri Kecil Rio Dewanto yang Gemar Baca Buku /Foto: instagram Salma Jihane, Putri Kecil Rio Dewanto yang Gemar Baca Buku /Foto: instagram
Jakarta - Aktor Rio Dewanto tengah menikmati masa-masa menjadi ayah. Ia senang melihat tumbuh kembang putri semata wayangnya, Salma Jihane Putri Dewanto. Menurut suami Atiqah Hasiholan ini anaknya sedang gemar membaca.

"Anak saya kebetulan sukanya baca buku. Dia bangun tidur aja nyarinya buku, buku cerita-cerita," kata pria 31 tahun ini, dikutip dari detikcom.


Menantu Ratna Sarumpaet ini menuturkan bahwa dia tidak hanya menceritakan buku-buku anak saja pada putrinya, namun juga sering membacakan kisah-kisah nabi. Buku-buku yang dia pilih pun buku yang bergambar, agar anaknya juga tertarik.

"Buku anak-anak, kadang-kadang tentang nabi juga saya ceritakan, semua cerita nabi. Ya ada gambarnya, juga ada ceritanya. Dia suka banget," papar pemain film Filosofi Kopi ini.

Agar anak suka membaca seperti Salma, pendongeng sekaligus pemerhati anak Awam Prakoso menyarankan, buatlah mereka menyukai buku terlebih dulu. Caranya dengan memperlihatkan buku-buku dengan gambar atau visual yang menarik. Setelahnya, pelan-pelan ajari mereka membaca dengan menunjukkan kalau kita juga gemar membaca.

Salma Jihane, Putri Kecil Rio Dewanto yang Gemar Baca BukuFoto: (riodewanto/Instagram)

"Jadi, pembiasaan membacakan buku kalau tidak dimulai dengan kesukaan, maka ini akan berakibat tidak baik," jelas Awam.

Psikolog Najeela Shihab juga mengatakan, sebetulnya suka membaca saja enggak cukup, tapi harus aktif. Jadi, menurutnya, kalau cuma sekadar lancar dan bisa baca buku tapi enggak ada proses berpikirnya, itu percuma saja.

"Seperti kenapa judulnya begini, karakternya ini apa kaitannya sama saya (anak), dan sebagainya. Membaca untuk anak itu bukan tujuan akhir tapi membaca itu alat untuk bisa berpikir kritis, bantu kita punya budi pekerti yang baik dan lainnya," papar psikolog yang akrab disapa Ela.

Jadi menurut Ela, kalau tujuannya anak dibelikan banyak buku supaya mereka mau dan suka baca saja itu tidak akan mengubah perilaku anak. Harus ada tindak aktif dari orang tua seperti membacakan mereka cerita dalam buku tersebut.

"Jadi kalau ditanya supaya anak suka baca itu gimana, sebenarnya dari kecil sekali, kita sebagai orang tua bisa membacakan anak cerita. Itu bisa jadi teladan anak," tutur ibu tiga anak ini.


Ela pun menambahkan, kalau mau membuat anak suka membaca tapi anak tidak punya rasa ingin tahu yang lebih besar, itu juga percuma. Karena, rasa ingin tahu sangat penting untuk melihat minat baca anak.

"Membaca itu sebagai alat mendapatkan informasi. Kalau dia enggak punya pertanyaan tentang banyak hal, ya membaca hanya sekadar alat saja buat anak," tutur pendiri berbagai inisiatif pendidikan ini.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi