aktivitas

Senyum Kecut Gibran Saat Jan Ethes Merasa Mirip Mbah Jokowi

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 09 Mar 2019 - 11.57 WIB
Jan Ethes/ Foto: Instagram Jan Ethes/ Foto: Instagram
Jakarta - Wajah seorang anak memang sering jadi bahan perbincangan: dia mirip siapa. Nah, ada cerita dari cucu Presiden Jokowi nih, Bun. Si kecil Jan Ethes Sri Narendra rupanya punya penilaian tersendiri tentang dirinya.

Ceritanya, beberapa waktu lalu keluarga Raffi Ahmad bertemu dengan Jokowi, Iriana, Gibran, Selvi, dan Jan Ethes. Di sela-sela perbincangan mereka, Raffi iseng bertanya pada Jan Ethes dirinya merasa mirip siapa.

"Jan ethes mukanya mirip siapa? Bapak atau mbah?" tanya Raffi seperti dilansir 20detik.

Dengan nada mantap, bocah yang tanggal 10 Maret mendatang genap berumur 3 tahun ini menjawab 'Mbah'. Semua yang hadir pun tertawa. Tapi kalau kita lihat ekspresi Gibran, wah dia tersenyum kecut, Bun. He-he-he.

"Maaf Mas Gibran. Jan Ethes merasa mukanya mirip mbah," ujar Raffi. Sabar dan terima aja ya Bapak Gibran kalau Jan Ethes ternyata merasa lebih mirip Mbah Owi. Hi-hi-hi.

Memang, selama ini Jan Ethes dekat banget dengan kakek dan neneknya ya, Bun. Bahkan, putra sulung Gibran dan Selvi ini sering ikut serta Jokowi dan Iriana di berbagai acara negara. Mbah Owi pun sayang banget lho pada Jan Ethes.

Misalnya, saat melakukan kunjungan ke Lampung Tengah pada Jumat (8/3) lalu, Jokowi dan Iriana menyempatkan diri berbelanja di Plaza Bandar Jaya. Jokowi enggak lupa membeli oleh-oleh untuk Jan Ethes berupa truk tangki mainan seharga Rp 100 ribu.



Sedangkan, Iriana membeli boneka untuk Sedah Mirah. Sebelumnya, Iriana sempat melihat-lihat sepatu warna pink dan mencoba boneka yang bersuara. Hubungan kakek-nenek dan cucu memang ada yang biasa saja dan dekat banget, Bun. Disampaikan Merril Silverstein dan Vern L. Bengtson, studi menemukan ada tiga faktor yang menentukan seberapa dekat hubungan kakek-nenek dan cucu, yaitu:

Jan EthesJan Ethes /Foto: Instagram
1. Kedekatan jarak secara geografis

Tak bisa dimungkiri, semakin dekat jarak tempat tinggal kakek-nenek dan cucu plus semakin intens mereka berinteraksi, makin dekat hubungan keduanya.

2. Peran kakek dan nenek dalam pengasuhan

"Terkait kontak fisik, ketika kakek dan nenek punya andil besar dalam pengasuhan anak, akan terjadi hubungan yang amat dekat di antara keduanya. Termasuk ketika kedua orang tua bekerja dan anak dititipkan pada kakek dan nenek. Atau, saat orang tua bercerai dan anak tinggal dengan orang tua," kata Silverstein dilansir Very Well Family.



3. Nilai dalam keluarga

Ketika dalam keluarga berlaku nilai bahwa hubungan kakek dan nenek dengan cucunya harus dekat, otomatis akan terbentuk hubungan yang dekat di antara keduanya, Bun.

"Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana sikap kakek dan nenek terhadap si cucu. Sudah pasti jika kakek dan nenek sosok yang menyenangkan, si cucu akan lebih dekat dan bonding di antara keduanya lebih lekat," tambah Silverstein.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi