cerita-bunda

HaiBunda Happy Hour: Perilaku Anak yang Paling Bikin Bunda Bangga

Radian Nyi Sukmasari Senin, 22 Jul 2019 09:00 WIB
HaiBunda Happy Hour: Perilaku Anak yang Paling Bikin Bunda Bangga
Jakarta - Tak terasa sudah dua tahun HaiBunda menemani keseharian para bunda dengan berbagai informasi seputar parenting dan rumah tangga. Bicara parenting, salah satu topik yang menarik diperbincangkan adalah perilaku anak.

Masing-masing anak sudah pasti punya perilaku berbeda. Ada yang bikin tertawa sampai kesal. He-he-he. Tapi jangan salah, kadang kala perilaku anak bisa jadi sesuatu yang membanggakan lho buat Bunda dan Ayah. Disampaikan psikolog Carl E Pickhardt, pada dasarnya rasa bangga adalah rasa senang ekstrem pada seseorang atau yang dilakukan orang itu.

"Contohnya orang tua yang bangga pada anaknya. Saat orang tua bilang bangga pada sang anak, si kecil bisa belajar bahwa ada hal yang dia lakukan dan membuat orang lain senang. Sehingga, ke depannya dia akan melakukan lebih baik lagi," kata Pickhardt dilansir Psychology Today.


Tapi ingat, Bun. Jangan berlebihan juga mengungkapkan rasa bangga pada anak. Sebab, anak bisa merasa arogan atau dirinyalah yang terbaik. Dikutip dari Very Well Family, disarankan orang tua menyampaikan apa hal yang membuat mereka bangga dengan spesifik.

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak/ Foto: iStock
Kemudian, sesuaikan ekspresi kebanggaan Ayah dan Bunda seperti memberi hadiah atau memuji dengan pencapaian anak. Jangan lupa bicarakan juga proses yang dilalui anak hingga dia bisa membanggakan orang tuanya. Sehingga, anak tak melulu berorientasi pada hasil.

Nah, selama ini pastinya ada dong, Bun, hal yang dilakukan anak dan bikin Bunda serta Ayah bangga banget. Apa tuh?

Share yuk di kolom komentar di bawah ini. Ada giveaway tiket Trans Snow World untuk 6 bunda dengan jawaban paling menarik. Tapi ingat ya, Bun, sebelum memberi komentar Bunda mesti log in dulu menggunakan akun detikID. Jika belum punya, Bunda bisa mendaftar di sini.

Jangan lupa, Bun, 1 user detikID hanya bisa digunakan untuk satu kali pengisian komentar. Nah, program HaiBunda Happy Hour ini berlangsung pukul 13.00 - 16.00 WIB. Jadi isi komentarnya jangan sebelum atau sesudah periode waktunya ya, Bun.

Pemenang akan diumumkan setiap harinya pukul 17.00 di sosial media HaiBunda dan artikel. Komentar pemenang juga akan ditayangkan di artikel lho. Kami tunggu ya, Bun! (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi