cerita-bunda

HaiBunda Happy Hour: Metode Reward yang Efektif untuk Anak

Maya Sofia Kamis, 25 Jul 2019 10:02 WIB
HaiBunda Happy Hour: Metode Reward yang Efektif untuk Anak
Jakarta - Bunda termasuk orang tua yang memberi reward ketika anak melakukan hal positif atau berpretasi? Hal tersebut boleh-boleh saja, Bun. Asal tidak berlebihan ya.

Menurut psikolog remaja dan anak Firesta Farizal, hal paling penting dari reward adalah mengapresiasi usaha anak. Namun ia mengingatkan orang tua agar pilih-pilih. Jangan karena supaya anak mau mandi atau makan, kita menjanjikan reward untuknya.

Sementara untuk metode reward yang cukup populer di kalangan orang tua adalah reward chart. Dengan reward chart, jelas dan terlihat apa yang perlu dilakukan anak.


Selain itu terlihat juga kemajuan yang dicapai anak. Semakin banyak poin dalam reward chart, artinya semakin anak berusaha berbuat baik atau sesuai aturan.

Nah patut diketahui juga bahwa reward chart ini paling efektif diterapkan pada anak usia 3-12 tahun. Sementara itu sebagai poin, Bunda bisa menggunakan stiker.

Sebelum menerapkan reward ini, ada baiknya Bunda, Ayah, dan anak bisa duduk bersama untuk menyusun aturan. Mengutip Very Well Family, untuk anak usia 7 tahun misalnya, ia akan mendapatkan satu stiker jika merapikan tempat tidurnya. Ketika sudah terkumpul tiga stiker, anak diperbolehkan main di playground.

Adapun untuk anak usia 9 tahun, ia akan mendapatkan stiker ketika berhasil menyelesaikan PR sebelum makan. Sebagai reward, stiker tersebut bisa ditukar dengan waktu menonton televisi.

Jelaskan pada anak bahwa sistem reward ini merupakan strategi positif, bukan sebuah hukuman. Oleh karena itu itu saat anak bertingkah laku kurang baik, jangan menarik atau menghapus stiker yang sudah diperoleh anak.

Melainkan, orang tua bisa mendisplinkan dengan cara yang lain. Sebab, perilaku tersebut tidak diatur dalam reward chart yang sudah disepakati dengan anak.

HaiBunda Happy Hour: Metode Reward yang Efektif untuk AnakIlustrasi reward chart untuk anak. (Foto: iStock)

Nah, kalau para sahabat HaiBunda menggunakan metode reward seperti apa untuk diterapkan kepada anak selain menggunakan stiker? Lalu apakah metode reward tersebut efektif?

Berbagi pengalaman yuk lewat kolom komentar di bawah ini. Buat 6 Bunda yang punya jawaban paling menarik akan mendapat giveaway berupa tiket Trans Snow World. Sebelum menuliskan komentar, Bunda harus log in dahulu menggunakan akun detikID.

Kalau belum punya, Bunda bisa mendaftar di sini. Satu user detikID hanya bisa digunakan untuk satu pengisian komentar ya. Program HaiBunda Happy Hour ini digelar mulai pukul 13.00 - 16.00 WIB. Jadi, menuliskan komentarnya jangan sampai sebelum atau sesudah waktu tersebut.

Pemenang akan diumumkan setiap hari pukul 17.00 WIB di sosial media dan artikel HaiBunda. Komentar para pemenang juga akan ditayangkan di artikel pengumuman. Yuk ikutan! (som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi