cerita-bunda

Daftar Pemenang HaiBunda Happy Hour 25 Juli 2019

Maya Sofia Kamis, 25 Jul 2019 17:01 WIB
Daftar Pemenang HaiBunda Happy Hour 25 Juli 2019
Jakarta - Dalam rangka HaiBunda berbagi kebahagiaan, HaiBunda menggelar HaiBunda Happy Hour sepanjang 15 - 26 Juli 2019. Program menarik ini berlangsung mulai pukul 13.00 - 16.00 WIB, dengan giveaway berupa enam tiket Trans Snow World setiap harinya.

Pada periode hari ini, Kamis, 25 Juli 2019, topik yang dibahas tentang metode reward untuk si kecil dan seberapa efektif metode tersebut. Para pembaca HaiBunda sudah menyampaikan pendapatnya di kolom Komentar. Jawabannya beragam dan menarik banget lho, bisa Bunda lihat di sini.

Nah, berikut enam bunda dengan komentar terbaik yang berhak mendapat giveaway tiket Trans Snow World:


1. Nadiani Nur Afinillah

⁣Hai bubun.. kebetulan saya memang sedang dalam proses potty training menggunakan reward chart. Saya namai reward ini dengan sebutan "Leandra Pottrain Reward Chart". Sistem nya gini bun, saya membuat board chart di dinding menggunakan sterofoam board berwarna hitam. Lalu saya tempel dengan gambar2 lingkaran warna-warni menyerupai ular tangga sepanjang 30 step (1 bulan). Nah, selanjutnya untuk pion ular tangganya, saya menggunakan mainan kecil berbentuk gambar diapers yg bisa di tusuk di board. Setiap kali anak berhasil pup di toilet dengan meminta, saya akan ajak anak memindahkan pion ke step selanjutnya sambil bernyanyi. ini membuat anak menjadi ceria dan termotivasi. Adapun reward dari potty training ini nantinya saya berjanji akan mengajak anak berlibur. wahh.... semoga saja bisa dapet tiket gratis ke Trans Snow World, jadi anak bisa di ajak liburan main salju. Karna anak saya memang sangat tertarik ketika melihat film2 tentang salju. Semoga rejeki anak ada disini.

2. Afr Dewi

Dear @HaiBunda. Begitu banyak metode reward yang dapat diterapkan atau dipraktekan dirumah dengan si kecil untuk memperkuat ikatan, salah satunya aku sebagai ibu yang memang mengajarkan anak untuk disiplin dan mandiri sejak dini aku punya ide untuk memberikan hadiah yang dia mau dengan syarat harus mungumpulkan kupon bergambar senyum dari ku jika ia bisa melakukan pencapaiannya dengan berhasil tapi jika ia belum berhasil dalam pencapaiannya saya menggambar kupon tersebut dengan wajah sedih atau murung. Kupon tersebut saya buat dari lembaran kertas karton, warna merah muda untuk wajah senyum dan warna merah marun untuk wajah sedih Setiap bulannya saya liat kupon yang mana yang paling banyak ia kumpulkan jika senyum yang paling banyak ia kumpulkan maka ia akan mendapatkan hadiah yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebaliknya jika kupon berwajah sedih yg paling banyak ia tidak dapat hadiah. Menurutku cara ini efektif loh untuk membangun kedisiplinan serta kemandirian sang buah hati.

3. Effeniaty

Menurut saya reward memang sangat diperlukan terutama bagi anak yang sedang masa perkembangan. Pada dasarnya reward diberikan agar anak dapat termotifasi. Reward tidak selalu dengan materi, bisa dengan kata pujian atau reward chart. Kebetulan anak saya sudah diatas 7 tahun jadi rewards yang saya berikan dalam bentuk uang untuk dimasukan ke dalam celengan pribadi milik anak. Jadi dengan reward itu saya juga mengajarkan anak untuk membiasakan diri menabung, mungkin nominalnya tidak seberapa yang penting sesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga dan juga usia anak

4. Chris Tania

Aturan reward saya adalah ketika anak bisa melakukan sesuatu yang baik. Tidak harus wah, sederhana pun saya berikan reward. Reward nya berupa karet gelang yang ditaruh di kaleng. Jumlah yang didapat disesuaikan dengan perilaku anak. Makin baik, makin banyak yang didapat. Tapi kalo anak melakukan sesuatu yg ga baik, karet gelangnya saya ambil artinya reward nya berkurang.

5. Annisa A 

Saat anak menghabiskan makanannya dengan lahap, saya selalu apresiasi dengan pujian dan mengatakan ia pintar dan mampu menjaga kesehatan dirinya. Agar ia tahu kenapa Bundanya begitu bahagia melihat ia makan dengan lahap. Jika dalam seminggu ia tidak susah makan, kami mengajaknya jalan-jalan di waktu weekend sekalian momen bonding bersama orang tua.

6. Novita So

Biasanya reward untuk anak, akan saya kasi koin (bukan uang ya), setiap pencapaian yg mrk lakukan akan diberikan koin dan nanti dikumpulkan utk ditukar dgn list hadiah yg bs dipilih. list hadiahnya biasa berupa buku2 yg menarik. Simple present tapi tdk mengurangi kualitasnya. Dan bonusnya mereka suka baca buku sampai skrg. (som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi