sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Saat Si Kecil Ditanya soal Pancasila, Apa Jawabnya?

Muhayati Faridatun Selasa, 01 Oct 2019 14:32 WIB
1. Sejarah Hari Kesaktian Pancasila
Apakah bocah kelas 1 SD sudah paham apa arti Pancasila? Bagaimana sejarah Hari Kesaktian Pancasila? Simak yuk jawabannya. caption
Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Ya, itulah sebatas pengetahuan si kecil tentang Pancasila, ideologi negara Indonesia yang mereka tahu sebagai lambang negara kita. Kata ideologi memang terlalu berat dipahami bocah kelas 1 SD. Bunda setuju kan?

Saat ditanya apa itu Pancasila, yang tergambar dalam benak anak-anak adalah Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Bersyukur, si kakak pun hafal lambang kelima sila Pancasila. Sebagai orang tua, Bubun tentu senang dan sangat bangga.


Kembali menengok sejarah, dikutip dari detikcom, Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965 faktanya erat berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S).

Ini adalah gerakan yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno kala itu, serta ingin mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis.


Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September. Mereka adalah:

- Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani

- Mayor Jendral Raden Soeprapto

- Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono

- Mayor Jendral Siswondo Parman

- Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan

- Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo

- Lettu Pierre Andreas Tendean

Pemerintah Orde Baru yang dipimpin Presiden Suharto kemudian menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
Share yuk, Bun!

Rekomendasi