sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Nenekku Positif COVID-19, Ngga Betah di RS Sampai 10x Menelepon Tiap Hari

Sahabat HaiBunda Jumat, 11 Jun 2021 17:10 WIB
Nenek Ngambek Nelpon Berkali-Kali
Petugas medis mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Kamis (30/4/2020). Peralatan medis ini didatangkan oleh CT Corp, bersama Bank Mega serta dukungan Indofood dan Astra Group. caption

Benar saja, nenek tidak betah dan setiap hari minta pulang. Ponsel yang kami berikan kepadanya selalu digunakan untuk menelpon anak-anaknya. Dalam sehari, dia bisa lebih dari 10 kali menelepon untuk minta pulang.

Tanggal 6 Februari, nenek akhirnya diperbolehkan pulang karena nilai CT-nya sudah normal, meskipun hasil tes swab masih positif. Kami pun kembali merawatnya di rumah.

Setelah pulang dari rumah sakit ini, nenek berubah total. Ia seperti orang linglung dan kerap menolak untuk makan. Ia bahkan tak ingat apa pun yang terjadi selama dirawat di rumah sakit.


Selama tiga hari dirawat di rumah, kondisi nenek tidak juga membaik. Ia tidak mau makan dan tidak bisa buang air kecil.

Pada pagi di tanggal 10 Februari, tiba-tiba dia tidak bangun meski sudah kami panggil puluhan kali. Matanya tidak bisa terbuka, perutnya membuncit keras, dan tubuhnya tidak bergerak.

Kami sekeluarga panik.

Kami pun segera menelepon puskesmas terdekat untuk dilakukan tindakan. Beberapa petugas kesehatan dari puskesmas datang ke rumah dan melakukan pemeriksaan. Ternyata gula darah nenek turun drastis, yakni sekitar 50 mg/dL. Padahal, selama ini gula darahnya selalu mendekati angka 200 bahkan setelah minum obat diabetes.

Nenek pun akhirnya dibawa ke puskesmas dan mendapatkan infus glukosa untuk menaikkan gula darahnya. Perutnya yang buncit seketika mengempis setelah dipasangkan kateter. Ternyata perutnya membuncit karena tidak buang air kecil selama beberapa hari.

Petugas medis mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Kamis (30/4/2020). Peralatan medis ini didatangkan oleh CT Corp, bersama Bank Mega serta dukungan Indofood dan Astra Group.Ilustrasi Covid-19/ Foto: Rifkianto Nugroho

Meski kondisinya sudah normal dan sadar 100 persen, kami tetap khawatir bila harus membawanya ke rumah. Dokter di puskesmas menyarankan nenek untuk menjalani isolasi lagi di rumah sakit. Kami pun setuju dan memberikan pengertian ke nenek agar dia tak merajuk lagi minta pulang.

"Mimih (panggilan nenek) mau ya dirawat di rumah sakit lagi. Insyaallah kali ini pasti sembuh karena sekarang sudah bukan lawan virus, tapi lawannya sakit diabetes," kata tanteku berusaha meyakinkannya.

Nenek sepakat untuk dirawat. Pada hari itu juga, dia langsung dirujuk ke RS Tarakan dan menjalani isolasi mandiri selama kurang lebih 10 hari.

Meski awalnya tidak ada masalah, nenek kembali merajuk ingin pulang. Kali ini, dia sampai mengancam ingin kabur dari rumah sakit dan menilai anak-anaknya sudah enggak sayang lagi.

Dokter dan suster bahkan kesulitan membujuknya untuk tenang. Setiap kali kami bilang untuk 'sabar', nenek selalu marah. "Sabar...sabar terus. Aku mau pulang. Kalau enggak dijemput, aku mau kabur saja," demikian jawaban nenek setiap menelepon kami.

Setelah diperbolehkan pulang dari rumah sakit, kami baru yakin nenek benar-benar sudah sembuh. Ia tidak lagi terlihat linglung dan mau makan. Hanya saja, dia sulit untuk berjalan karena selalu tidur di atas ranjang ketika dirawat di rumah sakit.

Saat pulang, nenek pun disambut semua anak-anak, menantu, dan cucunya di rumah. Sekarang nenek sudah kembali seperti dulu, aktif bergerak, terkadang masak di dapur, dan kembali nonton sinetron kesukaannya di televisi.

Setiap hari, nenek selalu mengucap syukur karena bisa  sembuh dari COVID-19. Ia juga bersyukur bisa diberikan kesehatan saat merayakan Idul Fitri lagi di tahun ini.

(Cerita Bunda Icak, Jakarta Barat)

Mau berbagi cerita, Bunda? Share yuk ke kami dengan mengirimkan Cerita Bunda ke [email protected] yang ceritanya terpilih untuk ditayangkan, akan mendapat hadiah menarik dari kami.

(ziz/ziz)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!