sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Aku 11 Tahun Nikah Beda Agama, Dulu Mertua Menerimaku Tapi Kini Memusuhi Karena...

Sahabat HaiBunda Senin, 05 Jul 2021 17:15 WIB
Upset girl apart from her husband and senior mother quarrelling caption
Jakarta -

Aku lahir dari keluarga Katolik Jawa. Tapi keluargaku itu campuran, Bun. Ada yang Islam, Protestan, dan Budha. Jadi soalĀ keberagaman agama ya kami sudah biasa.

Lha wong kalo Lebaran yang Katolik ikut nyantap opor ayam. Kalo Natalan, yang Muslim juga ikut ngumpul di rumah keluarga besar. Ya sudah, biasa aja.

Jadi wajar saat aku bertemu suami yang Muslim, keluargaku santai-santai aja. Ngga ada tuntutan bahwa salah satu dari kami harus berpindah keyakinan.


Banner tips isolasi mandiri keluargaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Aku lupa di tahun berapa ya, malah suami yang bikin kartu ucapan Natal untuk temen-temenku. Yang jadi model ya aku dong! Ahahah...

Tapi dari keluarga suamiku yang kebakaran jenggot. Beberapa dari mereka, sampai sekarang, ngga pernah menganggap aku ada. Meski kami sudah menikah lebih dari sepuluh tahun dan sudah punya anak yang masuk usia pra-ABG.

Aku coba memahami bahwa memang itu adalah bagian dari budaya mereka. Memang di suku mereka agama adalah yang pertama sehingga kalo ada yang menyimpang akan dijauhi. Meski yang dijauhi itu manusia yang punya wujud dan perasaan kayak aku.

Di awal, mertuaku pun sebenarnya santai. Bapak dan Ibu menerimaku dengan kebinekaan yang aku hadirkan di keluarga mereka. Dukungan mereka ngga jauh karena sikap suamiku yang sangat-amat cair dalam membawaku.

Suami dengan santai mengajak aku kumpul keluarganya saat Lebaran pertama kami sebagai suami-istri. Bahkan iseng ikutan makein aku selendang di kepala.

Aku pikir biar dia ngga malu ketahuan istrinya non-Islam. Tapi ternyata dia bilang itu buat nutupin mulut aku yang pasti ngakak-ngakak liat wajah nyinyir Om dan Tantenya.

Hahaha..suamiku tahu aku banget sih!

Semua itu ngga ada masalah sampai kira-kira tiga tahun belakangan. Suami ngasih tau kalo sekarang Ibunya gabung di sebuah komunitas agama. Sesudah beberapa kali pertemuan, Ibu mertua berubah sikapnya. Bukan hanya padaku, tapi juga pada suaminya sendiri.

Apa yang terjadi di komunitas itu? Simak di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun!

Simak juga cerita cinta Nadia Vega yang bertemu suami bule di Belanda dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



Aku Dicap Sebagai 'Dosa'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi