sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Tinggal Bareng Mertua Bagaikan Neraka Dunia, Aku & Suami Jadi Sering Bertengkar

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 17:26 WIB
Offended woman sitting on sofa in apartment. Her husband and mother-in-law quarreling with her. Ilustrasi Cerita Bunda: Tinggal Bareng Mertua/ Foto: Getty Images/iStockphoto/JackF
Jakarta -

#HaiBunda Aku seorang ibu dari tiga anak yang mau berbagi sedikit cerita. Rumah tangga yang menuju 7 tahun aku lalui dengan banyak sekali suka duka. Tentu tidak mulus-mulus saja.

Namanya rumah tangga, tentu saja cobaan datang dari berbagai arah. Cobaan rumah tanggaku selalu datang dari Ibu mertua. Permasalahan dengan suamiku selalu datang dari mertua. Satu atap ada dua Ratu? Tentu tidak lah mudah! Banyak yang harus dikorbankan, terutama lelah hati.

Berbagi dapur setiap hari dan berbagi segalanya dalam rumah tangga dengan mertua, enggak enak! Serba canggung, Bun. Walau aku sudah memenuhi hampir semua kebutuhan mertua, rasanya tidak cukup baginya untuk bisa menghargai aku sebagai menantu. Aku seperti tidak ada.


Mertua sering kali nggak bisa menghargai apa yang aku masak. Kadang, apa yang aku belikan ada di tempat sampah. Aku selalu tahu walau mertua menyangka aku tidak tahu. Aku selalu sedih hampir setiap hari.

Tinggal dengan mertua seumur pernikahanku berasa neraka dunia bagiku. Kurang ada privasi bagi keluargaku sendiri, aku dan suami juga sering bertengkar karena mertua. Padahal, suamiku baik sekali dan selalu memihak aku.

Walau kadang dia sendiri bingung, ke sana Ibunya, ke sini istri dan anaknya. Tapi bagaimanapun, aku tidak pernah menyuruh suamiku membenci Ibunya. Walau kadang, aku banyak kesal dengan mertua. Aku nggak pernah menghalangi suami berbakti pada Ibunya karena Ayahnya sudah almarhum.

Tapi tetap saja, jika seumur hidup harus tinggal dengan mertua rasanya banyak kesedihan yang akan aku alami setiap hari. Harus selalu menguatkan pundak dan mental. Mungkin ini takdir hidup yang harus aku lalui walau rasanya kadang ingin kabur karena nggak tahan. :(

-Bunda M, domisili dirahasiakan-

Mau berbagi cerita juga, Bun? Yuk cerita ke Bubun, kirimkan lewat email [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak juga curahan hati Audy Item tentang sakit yang dialami tiba-tiba saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!