sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Pentingnya Self-Love agar Jadi Ibu Bahagia, Begini Caranya

Muhayati Faridatun Senin, 23 Nov 2020 11:05 WIB
Happy young mother with cute little daughter making focused heart sign with hands, looking at camera. Smiling millennial mom and small girl showing love gesture together, expressing care, affection. caption
Jakarta -

Bunda, jangan lupa bahagia! Kalimat ini tentu bukan sekadar ucapan, tapi punya makna sangat dalam. Karena memang seharusnya, sebagai orang tua, Bunda harus bahagia. Inilah pentingnya Bunda menyadari untuk mencintai diri sendiri.

Setiap hari, kita menjalani rutinitas yang hampir sama dan berulang. Terlebih di masa pandemi Corona atau COVID-19 ini, aktivitas keluarga jadi terbatas dan lebih banyak di rumah. Keterbatasan ini secara enggak sadar bikin kita lupa menikmati me time.

Hmmm... Sejak anak-anak sekolah online, Bunda jadi lebih sering emosi atau enggak nih? Pekerjaan rumah jadi cepat selesai, atau malah berantakan karena Si Kecil di rumah sepanjang hari? Biasanya, kalau anak pergi ke sekolah, ini jadi salah satu me time buat para bunda.


Tantangan banget ya, Bunda, meskipun sudah berbulan-bulan beradaptasi dengan situasi pandemi ini? Dikatakan sosiolog Marika Lindholm, Ph.D., membesarkan anak memang tidak mudah, tapi dengan self-love atau mencintai diri sendiri bisa membantu kita mengatasi tantangan.

"Kita juga benar-benar merasakan kebahagiaan sebagai orang tua," kata Lindholm, mengutip Psychology Today.

Ia lalu mengingatkan, tuntutan sosial sering bertabrakan dengan tugas kita membesarkan anak. Tekanan ini yang menuntut kita sebagai pekerja, sekaligus orang tua berdedikasi dan berprestasi tinggi. Tapi nyatanya, kita justru sering merasa gagal.

Menurut Lindholm, depresi, kecemasan, kesepian, kelelahan, dan kebencian terlalu sering memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Kadang, tak disadari kalau ini berdampak negatif pada kemampuan kita untuk jadi orang tua bahagia dan percaya diri.

"Orang tua yang kelelahan, tegang, dan sakit, akan mengalami sejumlah keadaan emosi negatif yang bisa membahayakan keluarga," tuturnya.

Iniliah pentingnya Bunda mempraktikkan self-love atau saatnya mencintai diri sendiri. Lindholm menyarankan agar orang tua selalu bersyukur, memuji diri sendiri, prioritaskan perawatan diri, optimistis, dan memaafkan diri sendiri.

Nah, Bunda ingin tahu lebih dalam tentang self-love? Yuk, tanya langsung ke dr.Theresia Citraningtyas, MWH, Ph.D., Sp.KJ, dalam Live Instagram HaiBunda Tanya Expert pada Kamis, 26 November 2020, mulai pukul 13.30 WIB. Eksklusif di @haibundacom.

Live Instagram Tanya ExpertFoto: HaiBunda

Live Instagram dengan tema Self-Love untuk Bunda, Saatnya Mencintai Diri Sendiri ini akan dipandu host Zika Zakiya, selaku Managing Editor HaiBunda.com. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tulis di kolom komentar artikel ini atau saat Live Instagram berlangsung.

Untuk Bunda yang terlewat, bisa langsung cek selengkapnya di feed Instagram @haibundacom.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi