sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kenapa & Kapan Bunda Harus Minta Maaf ke Anak? Tanya Psikolog Yuk

Muhayati Faridatun Jumat, 11 Jun 2021 20:45 WIB
Close up of cute little girl hug young mom or nanny showing love and care, happy preschooler child embrace mother thank or ask forgiveness, smiling parent and small daughter kid cuddle reconcile Ilustrasi ibu dan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Bunda, seringkah merasa bersalah lalu minta maaf ke Si Kecil? Sebenarnya, seberapa penting sih orang tua minta maaf ke anak? Atau jangan-jangan, kita lupa bahwa anak juga berhak menerima kata 'maaf' dari orang tua.

Hmmm, bicara soal kesalahan dan minta maaf, rasanya Bubun harus banyak introspeksi nih. Apalagi selama mendampingi Si Kakak sekolah online di rumah, benar-benar menguji kesabaran. Kadang, Bubun enggak sanggup menahan emosi.

Akhirnya, omelan Bubun ibarat 'sarapan' Si Kakak setiap hari. "Kak, cepetan! Udah mulai itu Zoom class-nya. Kebiasaan deh pake baju aja lambat banget," begitu yang sering Bubun lontarkan, kadang dengan nada keras.


Bunda begitu juga enggak sih? Sebagai orang tua, kita memang seringnya enggak sadar membuat anak merasa bersalah. Padahal, kita juga perlu introspeksi diri, apakah omelan itu menyakiti hati anak? Jika iya, tentu kita sudah bersalah pada Si Kecil.

Terkait hal ini, dikatakan psikolog Laura Markham, Ph.D., kebanyakan orang tua bersikeras mengajarkan anak untuk selalu minta maaf saat berbuat kesalahan. Baik kepada saudara, teman, atau orang dewasa.

"Namun, ketika kita mengacaukan anak kita, kita sering menolak untuk minta maaf," kata Markham, dikutip dari Psychology Today.

Penulis buku Peaceful Parent, Happy Kids: How to Stop Yelling and Start Connecting ini mengatakan, kita kadang menganggap minta maaf ke Si Kecil akan mengurangi rasa hormat anak pada orang tua. Tapi menurut Markham, yang benar justru sebaliknya, Bunda.

"Tidakkah Anda lebih menghormati orang lain ketika mereka mengakui kesalahan mereka dan mencoba memperbaiki keadaan?" ujarnya.

Nah, apakah Bunda masih canggung minta maaf ke Si Kecil? Masih bingung, kenapa dan kapan orang tua harus minta maaf ke anak? Yuk tanyakan langsung pada Ratih Zulhaqqi, M.Psi, Psikolog, dalam HaiBunda Live pada Selasa, 15 Juni 2021, mulai pukul 13.30 WIB.

Dengan tema: Hak Anak Mendapat Kata 'Maaf', program ini akan dipandu host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung di Instagram @haibundacom.

Jangan sampai terlewat ya....

Simak juga pengakuan Shahnaz Haque yang merasa gagal jadi ibu, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi