sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Serba-serbi MPASI agar Efisien Gizi, Simak Saran Dokter di Sini

Muhayati Faridatun Jumat, 08 Jan 2021 15:03 WIB
Close-up shot of mother spoon feeding her baby girl. caption
Jakarta -

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, biasanya Bunda enggak sabar memberi MPASI alias makanan pendamping ASI. Sebelum itu, Bunda sebaiknya memahami aturan tepat pemberian MPASI bayi.

Sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), bayi sebaiknya diberi ASI eksklusif sejak baru lahir hingga 6 bulan. Selanjutnya, bayi diberi MPASI dan tetap minum ASI hingga usia 2 tahun.

Dikutip dari laman resmi Unicef, pada bayi usia 6 bulan, ASI tetap jadi sumber nutrisi yang penting. Tapi, ASI saja tidak cukup, Bunda. Di usia 6 bulan, bayi sudah perlu dikenalkan makanan padat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang terus meningkat.


"Pastikan Anda memberi bayi makanan pertamanya setelah dia menyusu, atau di antara sesi menyusui, sehingga bayi Anda terus menyusu sebanyak mungkin," demikian dikutip dari artikel berjudul Feeding your baby: 6-12 months di laman resmi Unicef.

Saat mulai memberi makanan padat, Bunda perlu berhati-hati agar bayi tidak sakit. Pasalnya, saat bayi mulai merangkak, kuman bisa menyebar dari tangan ke mulutnya. Lindungi bayi dengan mencuci tangan Bunda dan tangannya pakai sabun, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum menyusui.

Selain itu, Bunda juga perlu memahami kandungan nutrisi dan takaran gizi MPASI bayi. Kalau ingin tahu selengkapnya, yuk tanyakan langsung pada Pakar Nutrisi Dr. dr.Tan Shot Yen, M.Hum., dalam HaiBunda Live pada Selasa, 12 Januari 2021, mulai pukul 13.30 WIB.

HaiBunda Live MPASIHaiBunda Live MPASI/ Foto: HaiBunda

Event dengan tema: Serba-serbi MPASI agar Efisien Gizi, ini akan live eksklusif di akun Instagram @haibundacom dan dipandu host Inda Endaliani. Bunda bisa tulis pertanyaan di kolom artikel ini atau saat live berlangsung.

Ditunggu ya, Bunda.

Simak juga ikan pengganti salmon untuk MPASI bayi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi