sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kelebihan MPASI Home Made Vs Instan Menurut Ahli Gizi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 26 Jan 2022 10:28 WIB
Close up of a mother feeding her baby in high chair caption
Jakarta -

Setelah ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, Bunda pasti enggak sabar memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Tapi galau juga, pilih MPASI home made atau instan ya? Supaya enggak bingung, yuk simak penjelasan ahli gizi.

Dijelaskan Ahli Gizi Leona Victoria, BSc., MND., penelitian terkini menunjukkan, pemberian nutrisi yang benar pada 1.000 hari pertama kehidupan, dimulai sejak konsepsi (pembuahan sel telur) sampai anak usia 2 tahun, akan menentukan kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang.

"Malnutrisi yang terjadi pada masa awal kehidupan tersebut akan berdampak berat dan ireversibel," kata Leona, dalam jurnal MPASI Home Made atau Instant? yang diterima HaiBunda.


Leona menambahkan, praktik pemberian makan yang tidak benar (inapproriated feeding practices) merupakan penyebab utama awal terjadinya malnutrisi bayi dan balita. Masalah gizi pada balita di Indonesia rupanya masih jadi PR nih, Bunda.

Menurut penjelasan Leona, setidaknya ada 5 akibat pemberian makan yang tidak benar selama 1.000 hari pertama kehidupan anak, yakni:

1. Menurunnya kemampuan kognitif, IQ, dan prestasi pendidikan

2. Meningkatnya masalah mental health

3. Menurunnya daya tahan tubuh (imunitas), rentan infeksi

4. Menurunkan kapasitas kerja dan kompetisi di dunia kerja

5. Meningkatkan risiko penyakit kronis yang berhubungan dengan nutrisi seperti obesitas, diabetes, kardiovaskular, dan hipertensi.

Perlu Bunda tahu, kebutuhan energi dan nutrisi anak hingga usia 6 bulan bisa tercukupi dari pemberian ASI saja. Leona mengatakan, MPASI diberikan sebagai sumber kalori dan nutrisi semakin penting bagi anak, seiring pertambahan usia.

"Produksi ASI berkurang menyesuaikan asupan MPASI," ujarnya.

Tabel MPASITabel MPASI/ Foto: Dok. Ahli Gizi Leona Victoria, BSc., MND.

Terkait pemberian MPASI home made atau instan, Leona melihat ada kelebihan masing-masing. Menurutnya, bila membuat MPASI home made, Bunda bisa memberikan variasi tekstur, rasa, dan bentuk. Rasanya tentu lezat dengan 'bumbu rahasia' yakni cinta Bunda.

"Makro dan mikro nutrient bisa disesuaikan kebutuhan," ucapnya.

MPASI instan yang terfortifikasi juga ada kelebihannya, Bunda. Dijelaskan Leona, memberikan MPASI instan lebih mudah, cepat, dan murah (tergantung pilihan Bunda). Rasanya enak, gurih, dan kuat, higienis, serta makro dan mikronutrient terukur.

Nah, untuk lebih jelasnya soal MPASI home made dan instan, Bunda gabung yuk Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda bersama Leona Victoria, BSc., MND., pada Rabu, 26 Januari 2022, mulai pukul 19.00 WIB.

Gratis, Bunda! Klik banner di bawah ini untuk pendaftaran ya.

Kulwap MPASI

Simak juga tips memberi makan Si Kecil ala Caca Tengker, dalam video di berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!