sign up SIGN UP search


haibunda-squad

MPASI Homemade Vs Instan, Cek Kelebihan dan Kekurangannya Bun

Annisa Afani   |   Haibunda Kamis, 27 Jan 2022 11:15 WIB
Ilustrasi Mpasi caption
Jakarta -

Menyiapkan makan untuk anak harus dilakukan dengan nutrisi terbaik ya, Bunda. Oleh karena dengan begitu, kita akan berhasil mendukung pertumbuhannya dengan maksimal.

Menurut penelitian terkini, disebut bahwa pemberian nutrisi yang benar pada 1000 hari pertama kehidupan, dimulai sejak konsepsi sampai anak berusia 2 tahun.

Jika hal tersebut berhasil dilakuka, maka ini akan menentukan kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang anak nantinya.


Perlu untuk Bunda ketahui, malnutrisi yang terjadi pada masa awal kehidupan akan berdampak berat badan. Praktik pemberian makan yang tidak benar (inappropriate feeding practices) ini bisa jadi penyebab utama awal terjadinya malnutrisi pada bayi dan batita.

Ada beberapa hal yang terjadi jika anak mengalami inappropriate feeding practices, Bunda. Berikut di antaranya:

  1. Menurunnya kemampuan kognitif, IQ dan prestasi pendidikan
  2. Meningkatnya masalah mental health
  3. Menurunnya daya tahan tubuh (imunitas)>rentan infeksi
  4. Menurunkan kapasitas kerja dan kompetisi di dunia kerja
  5. Meningkatkan risiko penyakit kronis yang berhubungan dengan nutrisi seperti obesitas, diabetes, kardiovaskular, dan hipertensi
  6. Menurunnya kemampuan kognitif, IQ dan prestasi pendidikan

Perlu untuk Bunda pahami, kita enggak bisa menilai anak mengalami inappropriate feeding practices hanya dari penglihatan kasat. Misalnya saja jika anak terlihat lebih kurus atau kurang tinggi.

"Setiap kali kita bilang anak kita kurus, atau kurang tinggi, itu balik lagi ke kurva pertumbuhan. Jadi jangan pernah bilang 'Anak saya kelihatannya kurus'. Karena perbedaan perawakan anak satu dengan lainnya itu bisa berbeda-beda. Yang harus dilihat itu adalah posisinya di kurva," tutur Ahli Gizi Leona Victoria, BSc., MND., dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda belum lama ini.

"Dari kurva harus dilihat juga, beratnya naik atau turun, atau mendatar. Jadi harus dilihat track dari sebelumnya, berapa naik turun berat tubuhnya," sambungnya.

Bicara soal pertumbuhan dan MPASI anak, Bunda juga perlu memahami jenis-jenisnya, nih. Simak penjelasan dari Leona lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips memberi makan untuk Si Kecil ala Caca Tengker dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MPASI HOME MADE VS INSTAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!