sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bisakah Deteksi Potensi Anak Lewat Nama & Tanggal Lahir? Tanya Pakar Yuk

Muhayati Faridatun Senin, 08 Feb 2021 10:31 WIB
Kulwap Deteksi Potensi Anak caption
Jakarta -

Setiap anak memiliki kegemaran dan kesukaan masing-masing. Sebagai orang tua, mungkin Bunda dan Ayah berpikir kalau hobi Si Kecil adalah bakat yang dimilikinya.

Misal saja, sejak usia pra sekolah, Si Kecil suka sekali menyanyi, menggambar, bermain bola, main puzzle, bantu Bunda memasak, atau membaca buku cerita. Kalau sering dilakukan, mungkin ini minat atau bakat anak yang berpotensi dikembangkan.

Hanya saja, anak butuh panduan untuk mengembangkan bakat. Di sinilah pentingnya peran orang tua untuk mengarahkan minat anak dengan tepat. Sehingga, bakat dan kemampuan itu berkembang lebih optimal sesuai usia pertumbuhan anak, serta jadi keunggulan dirinya.


Dikatakan profesor psikologi di Boston College, Ellen Winner, untuk mengetahui potensi anak, Bunda dan Ayah bisa memperhatikan aktivitas yang secara alami menarik minatnya. Ia menyarankan agar orang tua mengenali dan mengembangkan kemampuan anak.

"Apabila orang tua mengenali dan memupuk kemampuan bawaan anak, anak bisa membangun rasa percaya diri dan harga dirinya, jauh lebih besar dari yang dihasilkan oleh IQ atau hasil tes standar lain," tulis Ellen Winner dalam bukunya, Gifted Children: Myths And Realities.

Nah, tak sedikit juga orang tua yang kesulitan mengenali bakat sang anak. Kalau masih bingung menggali potensi diri Si Kecil, Bunda bisa konsultasi nih ke Ni Kadek Hellen Kristy, S.Psi., M.Ed., CHt., CI Transpersonal & Name Consultant.

Bunda bisa bertanya lewat Kuliah WhatsApp (Kulwap) Haibunda dengan tema: Deteksi Potensi Anak Melalui Nama & Tanggal Lahir, pada Rabu, 10 Februari 2021, mulai pukul 19.00 WIB. Ada kesempatan dapat hadiah menarik juga lho. Yuk daftar langsung dengan mengisi form di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi