sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kata Pakar soal Deteksi Potensi Anak Lewat Nama & Tanggal Lahir

Muhayati Faridatun Rabu, 10 Feb 2021 12:28 WIB
Ibu dan anak caption
Jakarta -

Bunda dan Ayah sering mengamati hobi atau kesukaan Si Kecil setiap hari? Sebagai orang tua, mungkin kita mengira kalau aktivitas yang anak lakukan dengan happy adalah minat dan bakat yang dimilikinya.

Misal saja, Si Kecil sangat suka menyanyi, menggambar dan mewarnai, bereksperimen dengan bahan-bahan sederhana di rumah, bermain bola, hobi mengoleksi mobil mainan dan suka membongkar-bongkarnya, atau pandai menirukan YouTuber cilik yang berbahasa Inggris.

Bunda dan Ayah mungkin bertanya-tanya, apakah hobi itu merupakan minat dan bakat anak yang harus dikembangkan? Apakah ini potensi Si Kecil yang harus digali? Dijelaskan Transpersonal dan Konsultan Nama, Ni Kadek Hellen Kristy, S.Psi., M.Ed. CHT, CI, potensi adalah suatu energi ataupun kekuatan yang belum digunakan secara optimal.


"Potensi diartikan sebagai kekuatan yang masih terpendam, yang dapat berupa kekuatan, minat, bakat, kecerdasan, dan lain-lain yang masih belum dipergunakan secara maksimal," kata wanita yang akrab disapa Hellen, dikutip dari jurnal berjudul Deteksi Potensi Anak Melalui Nama & Tanggal Lahir, Rabu (10/2/2021).

Ia menambahkan, penting bagi orang tua untuk memahami potensi diri anak, sehingga bisa mengembangkan kemampuan yang tepat dan meraih hasil lebih maksimal. Dengan begitu, potensi anak jadi lebih bermanfaat dan lebih hidup.

Untuk itu, Hellen menyarankan, Ayah dan Bunda perlu juga mengenali jenis-jenis potensi dalam diri anak. Ini bisa dideteksi dari nama dan tanggal lahir Si Kecil, yakni:

1. Potensi daya juang (aktualisasi)
2. Potensi fisik (kesehatan)
3. Potensi prosperity (kemakmuran)
4. Potensi mental spiritual
5. Potensi hambatan yang dialami

"Memiliki nama yang harmonis, positif, dan selaras dengan tanggal lahir akan meningkatkan potensi terbaik yang dimiliki anak, dan meminimalisir potensi negatif," papar Hellen.

Ia pun meyakini, pemilik nama harmonis akan lebih mudah meraih keberhasilan hidup. Hmmm, bagaimana kalau nama anak yang kita berikan sejak lahir ternyata tidak harmonis? Apakah perlu diganti?

Hellen lalu menjelaskan, dalam proses restrukturisasi nama, sebelumnya dilakukan analisa nama yang sudah dimiliki lebih dahulu. Dari analisa tersebut, Bunda dan Ayah bisa menentukan apakah akan melakukan restrukturisasi nama atau tidak.

"Di proses ini, Anda akan mendapatkan sebuah nama baru untuk digunakan. Proses menanamkan nama sampai ke alam bawah sadar, lalu sambut kehidupan baru yang lebih harmonis dengan alam semesta," tuturnya.

Nah, Bunda ingin tanya lebih lanjut soal deteksi potensi anak lewat nama dan tanggal lahir? Join yuk, Kuliah WhatsApp (Kulwap) Haibunda dengan tema: Deteksi Potensi Anak Melalui Nama & Tanggal Lahir bersama Ni Kadek Hellen Kristy, pada hari ini, Rabu (10/2/2021), mulai pukul 19.00 WIB.

Ada kesempatan dapat hadiah menarik juga lho! Daftar langsung dengan mengisi form di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi