sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Menggali Minat & Bakat Anak Sesuai Tumbuh Kembang, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Kamis, 19 Nov 2020 18:06 WIB
Happy Asian young mother and daughter playing with abacus, early education at home. caption
Jakarta -

Setiap orang tua penting untuk mengenali minat dan bakat anak, terlebih dalam masa tumbuh kembang. Anak tentu punya bakat masing-masing dan sangat beragam. Lalu, bagaimana cara menemukan bakat itu?

Bakat anak bisa dalam berbagai bidang, Bunda. Mulai dari bakat yang bersifat akademik, olahraga, seni, teknologi, dan masih banyak lagi. Menurut Principal of Sekolah Inklusi Cikal, Husnul Chotimah, S.Psi., tidak menutup kemungkinan kalau seorang anak punya beberapa bakat sekaligus.

"Anak juga bisa memiliki bakat dalam tingkatan berbeda," kata Husnul, dalam Kuliah Whatsapp (Kulwap) HaiBunda: Tips Deteksi Bakat Anak, Rabu (18/11/2020) malam.


Bunda yang akrab disapa Nuli ini menambahkan, untuk bisa mencapai tingkatan penguasaan kemampuan optimal, anak perlu mengembangkan bakat dengan cara mempelajari dan rutin melatihnya. Tapi, perlu Bunda ingat, anak tidak bisa melakukan hal ini sendiri.

Dikatakan Nuli, anak butuh panduan untuk mengenali dan mengembangkan bakat. Di sinilah pentingnya peran orang tua mengarahkan secara tepat, sehingga bakat dan kemampuan anak berkembang lebih optimal sesuai usia tumbuh kembangnya.

"Orang tua juga bisa memberi kesempatan untuk anak bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sebayanya. Sehingga, anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimiliki, atau bercerita tentang sesuatu yang dia suka," Nuli menjelaskan.

Lalu, bagaimana cara menggali minat dan bakat sesuai periode tumbuh kembang anak? Yuk, Bunda klik NEXT untuk baca selengkapnya.

Simak juga cara Dewi Gita dan Armand Maulana mendukung bakat putrinya, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi