sign up SIGN UP search


haibunda-squad

8 Jenis Kecerdasan Majemuk untuk Gali Lebih Dalam Bakat dan Potensi Anak

Mutiara Putri Sabtu, 28 Aug 2021 08:10 WIB
Adorable Asian Toddler baby girl sitting on chair and playing with color developmental toys at home. caption
Jakarta -

Bakat merupakan kemampuan dasar alami yang dimiliki oleh setiap anak, Bunda. Dengan adanya bakat, Si Kecil bisa belajar sesuatu lebih cepat daripada anak seumurannya yang lain.

Menurut dokter spesialis anak, dr. Fatimah Hidayati, Sp.A, bakat sangat berpengaruh dengan perkembangan anak, Bunda. Nantinya, bakat akan dihubungkan dengan kemampuan otak kiri dan kanan yang fungsinya berbeda-beda.

"Otak kiri kita biasanya buat lebih yang sifatnya analisis, analitik, matematika. Jadi dia sifatnya lebih mengerucut. Kalau otak kanannya, biasanya kita akan lebih banyak untuk yang imajinatif, kreativitas," ungkap dr. Fatimah dalam acara kolaborasi Lazada dengan Haibunda di Lazada Baby and Kids Festival pada Jumat (27/8/21).


Tak hanya itu, dr. Fatimah juga menjelaskan bahwa kemampuan paling baik pada anak adalah ketika otak kanan dan otak kiri mereka seimbang, Bunda. Dengan begitu, anak tak hanya memiliki IQ yang baik, namun EQ yang baik.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

"Yang baiknya itu, kita otak kiri dan kanannya ini seimbang. Maka diharapkan nanti seorang anak ini enggak cuma IQ nya saja yang tinggi, nanti ada faktor EQ nya yang disebut multiple intelegensia," katanya.

Menurut teorinya, kecerdasan majemuk atau multiple intelegensia dibagi menjadi 8 jenis nih, Bunda. Meski begitu, setiap bakat bisa digali, lho. Berikut ini 8 jenis bakat menurut dr. Fatimah Hidayati, Sp.A:

1. Kecerdasan verbal atau linguistik

Kecerdasan verbal atau linguistik merupakan kecerdasan yang banyak terlihat pada anak, Bunda. Tanda-tanda yang biasanya muncul dalam kecerdasan ini adalah anak cepat belajar berbicara dan mampu menguasai banyak kosa kata.

"Mungkin dibandingkan anak seusianya, dia ternyata sudah bisa dua bahasa atau mungkin tiga bahasa. Nah ini sebutannya kecerdasan verbal atau linguistik," jelas dr. Fatimah.

2. Kecerdasan logika matematika

Pada kecerdasan ini, biasanya anak gemar menganalisis suatu masalah, Bunda. Kepintaran anak juga akan lebih terlihat saat berada di sekolah.

"Nah ini mungkin anaknya kelihatannya pintar kalau di sekolah. Jadi dia memang senang menganalisis, hitung-hitungan, mengurutkan, berhitung. Nah ini yang biasanya terkait pada kognitif atau IQ seorang anak," imbuhnya.

3. Kecerdasan visual dan spasial

Kecerdasan visual dan spasial berhubungan dengan ruangan. Bunda. Kalau si kecil memiliki bakat pada hal ini, biasanya mereka pintar membaca peta dan membaca ruang.

"Untuk anak-anak ini, biasanya bakatnya desain, grafis, atau misalnya nanti mungkin jadi arsitek," ungkap dr. Fatimah.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat ranah kecerdasan majemuk yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video film bollywood di Netflix untuk anak kecil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KECERDASAN KINESTETIK HINGGA NATURALIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!